× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Pertamina EP Prabumulih Kembangkan Desa Wisata di Tepi Sungai Kelekar

By Redaksi
Pertamina EP Prabumulih Kembangkan Burai Desa Wisata di Ajang PR Indonesia Award, Kamis (5/3/2020). Foto : Istimewa

Desa kini tak lagi sebagai tempat melepas rindu saat pulang kampung. Desa bisa menjadi daya tarik wisata yang cantik dengan suasana alamnya yang perawan. Memberdayakan desa menjadi desa wisata kini mulai banyak dilakukan oleh banyak pihak. Salah satunya Pertamina EP Prabumulih dengan merangkul desa di Burai, Sumatera Selatan.

Dipilihnya desa ini karena merupakan desa terisolir di mana dikelilingi sungai dan rawa seluas 6.000 Ha atau lebih dari setengah luas desa yang 11.000 Ha. Sementara angka pengangguran dan kemiskinan penduduk masih tinggi. Padahal dari kondisi sumber daya alam berupa sungai dan rawa jika dimanfaatkan bisa menjadi daya tarik wisata. Selain itu juga masyarakatnya dikenal sebagai perajin kain songket dan purun.

Faktor-faktor tadi mendorong Pertamina EP Prabumulih untuk mengembangkan kawasan tersebut. Sebagai tempat destinasi wisata, Burai Desa Wisata, didesain menjadi desa wisata terintegratif. Mulai dari wisata alam (air), wisata budaya, wisata makanan (olahan ikan), dan wisata kerajinan (songket dan purun) semuanya lengkap. Purun yang dimaksud di sini adalah kerajinan dari anyaman bambu.

Yang menarik adalah Burai Desa Wisata akhirnya menjadi bagian dari paket wisata untuk Palembang City Tour. Bahkan diketahui, dari tahun ke tahun terjadi penambahan wisatawan sebanyak 5%. Selain itu, Pertamina pun turut membantu dalam pengolahan sampah domestik. Limbah berupa tulang dan kulit ikan mencapai 9 kg per bulan diolah lagi sehingga mengurangi emisi sebesar 1,83 Ton CO2 equivalen per tahun.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]