× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Pertamina Edu Green School Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri SMPN 4 Cilacap

By Redaksi

Sekolah Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan tertinggi dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diberikan kepada sekolah-sekolah dalam upaya mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan. Tak heran jika banyak sekolah yang memasukkan tema kepedulian lingkungan ini dalam programnya. Demikian pula bagi Pertamina yang berkomitmen untuk memberikan dukungan terhadap berbagai program lingkungan yang berkesinambungan.

Pertamina RU IV Cilacap melalui Program CSR bidang lingkungan melaksanakan program Pertamina Edu Green School menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri SMP Negeri 4 Cilacap. Kegiatan ini merupakan program berkelanjutan. Sebelumnya, tahun 2017 sudah diberikan Program CSR RU IV Pertamina Edu Green School kepada SMN 4 Cilacap sehingga berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional pada tahun 2018.

Pada 10 Januari 2019, Unit Manager Communication, Relation & CSR RU IV Cilacap, Laode Syarifuddin Mursali meresmikan Program Pertamina Edu Green School menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri SMP Negeri 4 Cilacap. Acara yang digelar di gedung Aula SMP Negeri 4 Cilacap ini dihadiri pula oleh Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap, dan masyarakat di sekitar sekolah.

Program Pertamina Edu Green School sendiri terdiri dari (1) Penambahan perlengkapan dan perbaikan Green House Hydroponic, (2) Penambahan Instalasi Hydroponic Deep Flow Technique (DFT) serta Dutch Bucket, (3) Pembuatan kolam ikan yang memanfaatkan limbah air wudhu yang dilengkapi dengan Hydroponic DFT System diatasnya, (4) Pembuatan bak pengomposan, serta Pembuatan media edukasi berupa starter kit beragam modul sistem hidroponik, serta (5) Pelatihan hidroponik bagi siswa-siswi SMP Negeri 4 dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah. Dalam hal ini telah melibatkan  sekitar 80 warga yang berasal dari 40 RT sekitar lingkungan sekolah. Narasumber dan merupakan tim guru & siswa dari SMPN 4 yang memiliki keahlian di bidang hidroponik.

Tahapan berikutnya adalah membawa SMPN 4 Cilacap mendapatkan peringkat Sekolah Adiwiyata Mandiri, yang lebih tinggi dari capaian sebelumnya yakni Sekolah Adiwiyata Nasional. Untuk mendapatkan peringkat Sekolah Adiwiyata Mandiri ini sekolah tak hanya berkiprah dalam lingkungan sekolah tapi juga masyarakat sekitar yang ditunjukkan dengan adalanya masyarakat binaan. Sekolah juga memiliki peran menyebarluaskan ilmu yang dimiliki kepada masyarakat sekitar, sehingga masyarakat terpacu dan sadar dalam menjaga lingkungan dari mulai hal kecil dengan menyebarluaskan ilmu terkait penanaman hidroponik.

Unit Manager Communication & CSR RU IV, Laode Syarifuddin Mursali dalam sambutannya berharap bahwa dengan adanya program Pertamina Edu Green School di SMP Negeri 4 Cilacap ini dapat menjadikan pilot project untuk sekolah lain dalam meraih peringkat Sekolah Adiwiyata Mandiri dan juga dapat memberikan wawasan kepada masyarakat bahwa lahan yang minim tetap dapat dimanfaakan yaitu melalui penanaman sistem hidroponik.

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]