× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Pertama Kalinya Obor Olimpiade Tokyo 2020 Memakai Hidrogen

By Redaksi
Ilustrasi Obor Olimpiade Tokyo 2020. Foto : Istimewa

Ada yang baru dari pelaksanaan olimpiade musim panas di Tokyo. Obor olimpiade yang berlangsung tahun ini akan memakai bahan bakar hidrogen. Hidrogen akan dipakai selama perjalanan obor mengelilingi Jepang yang berakhir di Tokyo. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung penyelengaraan pesta olahraga yang lebih ramah lingkungan.

Selain turut menekan emisi karbon selama pelaksanaan, penyelenggara mengungkapkan, upaya pelaksanaan olimpiade yang dikemas lebih hijau agar lebih menumbuhkan kesadaran isu lingkungan di Jepang.

Bahan bakar hidrogen, menurut panitia penyelenggara, diketahui tak menyisakan karbon dioksida selama digunakan. Dikutip dari reuters, selain api obor, api di kalderon pun mulai seremonial pembukaan sampai penutupan akan memanfaatkan bahan bakar bersih ini.

Hal lain yang juga mendukung isu lingkungan adalah soal pembangunan perkampungan atlet yang strukturnya terbuat dari bahan papan daur ulang. Selain itu, logam medali olimpade disebutkan terbuat dari sampah elektronik, serta obor yang berbahankan limbah aluminium.

Prosesi perjalanan obor akan dimulai di Fukushima pada 26 Maret mendatang, mengunjungi 47 wilayah administrasi di Jepang dan berakhir saat upacara pembukaan 24 Juli mendatang.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]