banner
Dok. Rukmi
Berita

Pertagas Berantas Anti Stunting Bersama Masyarakat

1199 views

Bogor – Majalahcsr. Merespon program pemerintah, Kementerian Kesehatan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengenai penanganan anti stunting di Indonesia, PT Pertamina gas (Pertagas) membuat rumah anti stunting. Program pemerintah ini menyasar 100 kabupaten di Indonesia, salah satunya adalah Cilamaya wetan, lokasi dimana jalur pipa gas dari Pertagas berada.

Manager PR & CSR Pertagas, Hatim Ilwan menjelaskan, yang menjadi fokus dalam mengentaskan stunting ini adalah 100 hari pertama usia bayi. Namun Pertagas juga fokus pada ibu hamil untuk pemenuhan gizi calon bayi.

“Stunting ini adalah kondisi dimana seorang anak kurang gizi, yang akan berimbas pada kekerdilan tubuh dan pikiran yang tidak berkembang,” ujarnya pada acara Editor Gathering, Outlook Industri dan Infrastruktur Gas 2018, di Bogor jum’at (2/2).

Rencananya Pertagas akan berkolaborasi dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Misalnya koperasi peternak masjapi (masyarakat jaringan pipa) untuk mendapatkan daging, dan pesantren untuk mendapatkan ikan dan sayuran.

Meskipun tidak semua masyarakat kelas menengah ke bawah yang mengalami kurang gizi, namun Hatim bersyukur tidak ada masalah besar dalam mensosialisasikan hal ini. Masyarakat pun bisa menerima jika kandungan atau bayinya termasuk kurang gizi.

Untuk memperlancar program ini, Pertagas juga menggandeng Persatuan Wanita Pertagas (PWP). ” Memang ibu-ibu lebih reaktif mengenai sesuatu yang patut dibenahi,” tutur Hatim.

banner