banner
Foto

Perkuat Peternak dengan Farmer2Farmer

1657 views

Pasuruan – Majalahcsr. PT Frisian Flag Indonesia (FFI) memperkuat komitmennya untuk mengembangkan peternak sapi perah di Indonesia melalui program Farmer2Farmer (F2F) dengan memasuki area cakupan baru, Blitar dan Tulungagung. Inisiatif ini dilakukan untuk lebih meningkatkan keterampilan dan kemampuan peternak sapi perah lokal untuk mengembangkan bisnis pertanian dan kesejahteraan keluarga mereka.

Dalam sambutannya pada acara Penutupan Program Farmer2Farmer Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur, Drh. Wemmi Niamawati, MMA., menyampaikan apresiasi terhadap terlaksananya program Farmer2Farmer sebagai bagian dari FDOV Project, sebuah program kemitraan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas susu peternakan demi mencapai peningkatan industri peternakan sapi perah Indonesia.

Program F2F tahun 2018 telah menjangkau lebih banyak peternak dengan bertambahnya wilayah cakupan di Blitar dan Tulungagung. Program ini tentu saja dapat berjalan dengan baik dengan adanya kerjasama antara pihak FrieslandCampina, FFI, serta pihak-pihak Pemerintah Indonesia. Dapat dilihat dalam gambar (dari kiri ke kanan) adalah Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro; Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur, Drh. Wemmi Niamawati, MMA.; Perwakilan Kementerian Pertanian, Asmardinata Afri; Ketua KUTT Suka Makmur Pasuruan, Drh. Rias Dyahtri Silvana; Perwakilan Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, Ainur Alfiyah; serta Ketua Koperasi Bangun Lestari Tulungagung, Munthohin; yang menghadiri acara penutupan program F2F FFI 2018.

Dengan program F2F yang sudah dimulai sejak 2013, di 2018 ini menjadi tahun ke-6 yang telah menjangkau hampir 1.000 peternak sapi perah lokal dan ditargetkan untuk terus meningkat kedepannya. Tampak dalam gambar adalah tiga orang peternak yang berhasil menjadi peternak terbaik F2F FFI 2018, yaitu (dari kiri ke kanan) Bapak Suwantoro, Akhsan, dan Yanto. Masing-masing pemenang satu, dua, dan tiga, berhak mendapatkan dana bantuan peternak sebesar 10 juta, 5 juta, dan 3 juta.

Dapat dilihat pada gambar adalah suasana peternakan milik Yudi Purwanto, seorang peternak sapi perah Pasuruan, Jawa Timur. Bapak Yudi adalah salah satu peserta yang mengikuti program F2F FFI 2018 serta pemenang pertama program F2F FFI 2017. Beliau dilatih untuk mulai menerapkan praktik peternakan sapi perah yang baik dengan pelatihan dari peternak Belanda.

Melalui Program F2F, FFI mengembangkan dan menerapkan serangkaian pelatihan intensif serta program pendampingan dan pemantauan. Adinda Roerink, Peternak Belanda binaan FrieslandCampina dalam gambar (paling kanan) tampak sedang melatih peserta F2F dan berbagi pengalaman mereka dalam membangun usaha peternakan sapi perah yang sukses.

Keywords: ,
banner