banner
Dok. Paramadina
Berita

Perkuat Kolaborasi untuk Keberlanjutan Indonesia.

1018 views

Jakarta – Majalahcsr. Indonesia dibayang-bayangi ancaman kompetisi yang luar biasa. Seperti yang diketahui, sebentar lagi masa pemilihan kepala daerah dan pemilihan presiden 2019.

Pola pikir di Indonesia saat ini, tidak dapat dipungkiri sebagian besar menjadi kompetisi. Fakta di lapangan, persaingan antar unit dan lembaga jauh lebih mendominasi dari pada kerjasama.

“Mungkin pemberitaan yang kurang mengenai kerjasama atau memang kurang sekali praktek kemitraan antar daerah,” ujar Rektor Paramadina, Firmanzah saat membuka acara Peran Kemitraan Dalam Menurunkan Kematian Ibu dan Bayi, hasil kerjasama Universitas Paramadina, EPSP, CCPHI dan Ford Foundation, di Jakarta, Selasa (8/5).

Fiz, panggilan akrab Firmanzah mencontohkan Sillicon Valley, salah satu lokasi dimana perusahaan teknologi banyak bermukim sudah mengedepankan kolaborasi. Bahkan merek Samsung dan Apple yang bersaing di hilir, seringkali berkolaborasi di hulu untuk berbagi bahan baku.

Jika mesin kompetisi berjalan, maka ketika ekonomi tumbuh dan berkembang, hanya level atas yang bisa menikmati. Namun kelompok bawah seperti petani jarang bisa menikmati hasil yang sama.

Warisan keberagaman di Indonesia, menurutnya sudah sepantasnya agar memperkuat kerjasama. Jika melihat perbedaan saja, tentu akan sulit untuk dipersatukan.

“Menurut saya tunggal ikanya yang diperkuat, tema-tema persatuan dan tunggal ika harus diperkuat,” tukasnya.

banner