banner
Brand Sepatu Undo for Tomorrow Merilis Koleksi Baru, Nuven, yang Salah Satu Material Pembuatnya dari Balon Bekas Pesta. Foto : Undo for Tomrrow
Ragam

Perkenalkan, Sneaker Keren yang Berbahan Tak Biasa

483 views

 

MajalahCSR.id – Jika biasanya material sepatu adalah kain, kulit binatang, bahkan plastik, tak demikian dengan yang ini. Selain inovatif, bahan yang digunakan pun tak biasa tapi tetap ramah lingkungan. Undo for Tomorrow merilis koleksi terbaru, Nuven, sneaker ‘vegan’ yang sebagian terbuat dari daur ulang balon bekas pesta dan juga bahan lain yang mengacu pada material keberlanjutan.    

Brand sepatu ini muncul pada 2018 dan berasal dari Rio de Janeiro, Brasil. Meski demikian, perusahaan ini memutuskan pindah ke Lisbon, Portugal. Namun, pabrik diputuskan tetap berada di Brasil untuk berbagi value perusahaan. “Ini merupakan perusahaan keluarga yang memiliki visi, misi, dan kepedulian tinggi terhadap tanggung jawab lingkungan, kemaanusiaan dan hak sosial, dengan kondisi kerja yang baik dan upah yang memuaskan. Mereka berinvestasi mesin peralatan, kreativitas seni, hanya menggunakan material berkualitas tinggi, dan menyuplai pasar domestik Brasil,” demikian bunyi keterangan perusahaan.     

Mengutip Inhabitat, lini sneaker Nuven dari Undo for Tomorrow merupakan produk unisex atau bebas gender yang terdiri dari 4 varian warna, vanilla rainbow, desert camel, dark gray and black bird. Menurut perusahaan, sneaker ini sangat ringan namun sangat durabel untuk pemakaian jangka panjang. Seluruh bagian berasal dari bahan alami atau vegan, daur ulang, dengan lapisan yang menjadikannya tetap kering di segala kondisi cuaca.  

Salah satu campuran bahan sepatu adalah serat bambu, tanaman yang dikenal cepat tumbuh dan sangat sustainable. Bambu dipilih karena sifatnya yang antibakterial alami yang melawan bau tak nyaman dan menyerap keringat.  Bagian dalam sepatu menggunakan minyak kastor, minyak alami yang diekstrak dari biji tanaman kastor sebagai pengganti minyak fosil.  

Bagian atas Nuven berbahankan vegan suede, dari botol plastik daur ulang. Pada bagian bawah sepatu, bagian midsole sebagian tersusun dari daur ulang “smoothfoam” yang memiliki bantalan nyaman dan fleksibel. Terakhir, sol luar dalah material balon bekas pesta dan sisa ban bekas. Kombinasi ini menghasilkan sneaker yang anti slip dengan tapak kaki warna-warni menarik.

Nuven diluncurkan melalui konsep crowdsourcing dengan didanai secara penuh usai debutnya di acara IndieGogo. Menurut timeline resminya, proses produksi dilakukan mulai Juni kemarin dan pengiriman pertama berlangsung pada Agustus 2021.

banner