× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Peringati HPSN, CCAI Ajak Gerakan Cerdas Kelola Sampah

By Redaksi
Coca Cola Amatil Indonesia Gelar Aksi Cerdas Kelola Sampah di SDN Kapuk Muara 01, Penjaringan, Jakarta Utara. Foto : Istimewa

Sampah menjadi persoalan yang dihadapi masyarakat global. Di Provinsi DKI Jakarta produksi sampah mencapai lebih dari 7.000 ton setiap harinya. Sampah yang dihasilkan warga Jakarta, mayoritas sampah organik yang ada di angka 55-60 persen, disusul sampah non-organik dan B3. Terus meningkatnya produksi sampah di Jakarta belum dibarengi dengan pengelolaan sampah dari sumbernya secara maksimal.

Mendukung pengelolaan sampah dari sumbernya, salah satunya di lingkungan sekolah, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) bersama Sugar Labinta, melakukan pendampingan Green School SDN Kapuk Muara 01, yang terletak di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

“Dengan gerakan “Cerdas Kelola Sampah”, mengedukasi warga sekolah untuk melakukan pemilahan sampah berdasarkan pemanfaatannya kembali. Kegiatan edukasi lingkungan untuk SDN Kapuk Muara 01 ini dirilis dan sekaligus untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)”, ujar Nurlida Fatmikasari, Regional Corporate Affairs Manager Coca-Cola Amatil Indonesia.

Selain itu, murid diedukasi mengenai pentingnya memilah sampah, termasuk botol-botol plastik dan pemanfaatannya. Siswa diajarkan mendaur ulang bekas botol PET menjadi wadah tempat pensil, bros dan juga dilakukan aksi mengumpulkan sampah bersama-sama di lingkungan sekolah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepedulian warga sekolah terhadap upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

Peringatan HPSN diperingati setiap tanggal 21 Februari untuk mengenang peristiwa di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi Jawa Barat pada 2005 dimana akibat curah hujan tinggi dan ledakan gas metan pada tumpukan sampah, 157 jiwa melayang dan dua kampung hilang tergulung longsoran sampah.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]