banner
Ilustrasi daging non hewani yang terbuat dari udara. Grafis : Air Protein via Inhabitat
Ragam

Percaya atau Tidak Daging Vegan Ini Terbuat dari Udara

126 views

MajalahCSR.id – Pernah dengar istilah Air Protein atau protein udara? Ya, protein pun ternyata bisa didapatkan dari udara. Air Protein merupakan teknik pendekatan unik dalam membuat pangan pengganti daging hewani. Teknik ini mampu mengubah udara jadi protein tanpa memicu gas metana dan dampak merugikan lain oleh sebab kegiatan agrikultur.

Pangan pengganti daging hewani selalu menawarkan banyak keuntungan bagi lingkungan sebagai sumber pangan tanpa deforestasi, industri pertanian, dan emisi karbon. Merujuk pada website, Air Protein adalah upaya alternatif yang bisa “menghilangkan kompromi antara rasa, nutrisi dan ancaman iklim.”

Awalnya, pendekatan inovasi ini bermula dari program luar angkasa dekade 1970an. Mengutip dari Inhabitat, kala itu para ahli mempelajari cara mengubah elemen udara jadi solusi protein bagi astronot selama penerbangan panjang.  Dr. Lisa Dyson dan Dr. John Reed melakukan riset ini dan menyempurnakan tekniknya bersama tim dari Air Protein.

Meskipun terkesan inovatif, namun prosesnya ternyata bukan hal baru. Soal elemen udara yang bisa diubah jadi makanan sudah lama dikenal. Contohnya proses fermentasi minuman alkohol bir, ragi pada roti, atau proses pembuatan yogurt. Memanfaatkan metode yang dikembangkan oleh tim Air Protein, “daging” yang dihasilkan lebih cepat prosesnya daripada produksi daging konvensional. Ini jadi solusi buat ketahanan pangan dan sebagai alternatif untuk yang mencari cara mengurangi bahkan menghilangkan ketergantungan pada konsumsi daging hewani.  

Lebih jauh lagi, Air Protein berdampak karbon negatif secara alami karena memakai proses dan bahan yang sudah ada di udara. Alhasil, sangat aman bagi bumi dan nyaris tanpa emisi dalam prosesnya.

Apa yang disebut perusahaan sebagai “resep untuk perubahan” dimulai dari udara, air, dan energi terbarukan. Kandungan yang terdapat dalam udara dikombinasikan jadi unsur protein dalam hitungan jam. Di saat bersamaan, protein diambil, dimurnikan dan dikeringkan ke dalam bentuk yang mirip tepung. Tepung Air Protein ini lantas jadi bahan dasar untuk resep dalam membuat tekstur makanan berikut perisa daging yang aman. Dalam konteks aman ini, Air Protein sama sekali terbebas dari unsur hewani, kedelai, hormone, pestisida, herbisida, bahkan modifikasi genetis.

“Kami seperti mendesain kembali bagaimana daging itu dibuat, enak, lebih bernutrisi, bebas rasa bersalah. Air Protein menciptakan pengganti daging paling berkelanjutan di planet ini. Ini merupakan masa depan bagi (konsumsi) daging,” kata perusahaan.

banner