banner
Berita

Peran Filantropi dan Swasta Dalam SDGs

1806 views

Jakarta – Majalahcsr. Pemerintah mengadopsi 17 tujuan pembangungan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Diharapkan pada tahun 2030 mendatang tujuan ini akan tercapai.

Berbeda dengan Millenium Development Goals (MDGs) yang dirasa kurang tercapai tujuannya, pemerintah membuat beberapa perubahan agar tujuan SDGs kali ini bisa tercapai. Diantaranya adalah memberikan peran besar kepada filantropi dan swasta.

Kenapa hal ini dilakukan? Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro menjelaskan, dalam pelaksanaan MDGs hingga 2015, banyak tujuan yang tidak tercapai. Artinya mayoritas tercapai tapi ada tujuan yang tidak tercapai.

“Ketika kita analisa kita lihat bahwa kurangnya partisipasi pihak diluar pemerintah,” ujarnya beberapa waktu lalu dalam acara Sustainability Business Awards (SBA) di Jakarta.

Karena itu didalam SDGs yang merupakan penyempurnaan dari MDGs lanjutnya, selain menambahkan faktor lingkungan dan ekonomi, satu hal yang dipastikan adalah harus ada keterlibatan diluar pihak pemerintah. Salah satu pilar yang didorong adalah pihak bisnis dan filantropi.

Menurut Bambang, bisnis sudah seringkali terdengar kiprahnya, yang masih jarang adalah filantropi. Khususnya filantropi ini fokusnya adalah tentang social entrepreneurship.

“Jadi saya melihat keharusan atau ajakan mereka terlibat didalam SDGs, diharapkan memperkuat dukungan pihak non pemerintah sehingga harapannya di tahun 2030, mayoritas dari goal atau tujuan dalam SDGs bisa tercapai,” tukasnya.

 

banner