× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Penyelam Florida Cetak Rekor Dunia Bersihkan Dasar Laut Deerfield Beach

By Redaksi

Sebanyak 633 penyelam melakukan upaya pembersihan dasar laut di area sekitar kawasan pemancingan Deerfield Beach, Florida. Jumlah ini berhasil memecahkan rekor dunia pada Guinness World Records.

Juri Guinness, Michael Empric sengaja melakukan perjalanan dari New York City menuju lokasi untuk melakukan penghitungan. Proses penghitungan dilakukan antara pukul 9 hingga 11 pagi.

Empric berdiri di tepi area selam, lalu menghitung setiap kepala yang masuk ke dalam air. Para penyelam dipastikan berada dalam air setidaknya  15 menit. “Hari ini, aku adalah mata dan telinga resmi Guinness World Records di lapangan,” kata Empric seperti dikutip situs Sun-Sentinel (15/06/2019). “Jadi kita segera tahu apakah acara ini berhasil memecahkan rekor atau tidak.”

Tampak di antara para penyelam seorang gadis muda, Dahlia Bolin, yang jauh-jauh datang dari Mackinaw, Illinois, bersama ibunya. Ia membantu mencatat dan mengambil puing-puing. Gadis berusia 13 tahun tersebut menemukan logam putih bertulis huruf merah berbunyi: Boats Must Not Come Within 100 Yards of Pier. Benda itu terkubur dalam pasir di kedalaman 20 kaki.

Tidak disebutkan jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan pada momentum pemecahan rekor tersbut. Namun seorang penyelam sekaligus pemerhati lingkungan, RJ Harper menyebutkan, para penyelam berhasil membawa ke permukaan timbal yang merupakan limbah para pemancing sebanyak 1.600 pon atau lebih dari 700 kilogram. Harper berharap peristiwa tersebut dapat menjadi inspirasi bagi peserta untuk melakukan hal yang sama pada perairan di lingkungan mereka.

Pada akhir acara, Empric mengumumkan hasil penghitungan. Pembersihan dasar laut oleh para penyelam di Deerfield Beach berhasil memecah rekor. Sebelumnya, rekor dipegang oleh Ahmed Gabr, mantan penyelam angkatan laut Mesir bersama timnya. Penyelaman dilakukan di Laut Merah di Mesir pada 2015, melibatkan 614 penyelam.

Meski demikian Empric menggarisbawahi, peristiwa tersebut bukan semata pemecahan rekor, melainkan keterlibatan semua orang dalam upaya pembersihan dermaga dan laut, serta pemberdayaan komunitas.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]