banner
Dok. Bappenas
Berita

Penuhi HAM Bisa Bantu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

897 views

Jakarta – Majalahcsr. Praktik Hak Asasi Manusia (HAM) harus dilakukan untuk menunjang program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, serta cara isu Human Rights ke dalam implementasi Sustainable Development Goals (SDGs). Tema ini dibicarakan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat menerima kunjungan Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia (KT HAM) PBB yang dipimpin Mr. Zeid Ra’ad Al Hussein.

“Saya respon bahwa fokus kita sekarang adalah penekanan pada human rights, terutama dari sisi ekonomi. Dalam pengertian, mengentaskan kemiskinan dan memperbaiki ketimpangan,” ujarnya seperti yang dilansir dalam website Bappenas, Selasa (6/2)..

Bambang juga mengatakan bahwa pemerintah akan memastikan setiap warga negara Indonesia mendapatkan hak-hak dasar, yaitu akta kelahiran, KTP, administrasi kependudukan secara umum, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dasar, serta sanitasi dan air bersih. Pemerintah sangat peduli dengan human rights, maka fokusnya adalah bagaimana memastikan kebutuhan hidup setiap orang  terpenuhi dan dapat keluar dari kemiskinan.

“Human rights juga masuk ke dalam goal SDGs nomor 10 mengenai ketimpangan. Saya katakan bahwa kalau ketimpangan itu kita abaikan, maka ketimpangan itu akan mengganggu pertumbuhan ekonomi, juga hak asasi manusia. Jadi, konsep SDGs yang no one left behind itulah yang kita terapkan untuk mengurangi ketimpangan,” jelas Bambang.

Dalam pertemuan ini Menteri Bambang didampingi Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Slamet Soedarsono, Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA Arifin Rudiyanto, Staf Ahli Hubungan Kelembagaan Diani Sadia Wati, Direktur Hukum dan Regulasi Prahesti Padanwangi, dan Direktur Politik Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Internasional R.M. Dewo Broto.

Sedangkan Mr. Zeid Ra’ad Al Hussein didampingi Chief of Asia Pacific and Middle East Field Operations Francesco Motta, Official Spokesperson of the HC Ravina Shamdasani, Resident Coordinator Anita Nirody, Regional Representative Cynthia Veliko, dan Human Rights Officer Shivani Verma.

 

banner