× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Pensiunan Polisi di Afrika Selatan Membuat Kebun Sayur Gratis Demi Warga Miskin

By Redaksi

Kisah tentang kedermawanan sosial sering menjadi tayangan viral di laman media sosial. Salah satunya yang belakangan sering muncul adalah tindakan aktif seorang pensiunan polisi di Afrika Selatan.

Adalah Johan Scott, seorang pensiunan polisi dari Heidelberg, Afrika Selatan yang memutuskan menanami area trotoar di depan rumahnya dengan tanaman. Ide tersebut muncul setelah ia kehilangan kembang kolnya karena dicuri. Ia menyadari banyak orang  kelaparan di lingkungannya. Dengan membuat kebun trotoar, ia berharap dapat memberi makan lebih banyak orang.

“Saya bahagia ketika melihat orang-orang memakan sayuran saya. Itu sebabnya saya menanam ini, karena orang-orang lapar, mereka membutuhkan ini, ” ungkap Scott seperti dikutip portal goodthingsguy.com.

Scott menanami trotoar di sekitar kediamannya dengan kacang-kacangan, tomat, terong, dan bit yang ketika siap panen bisa diambil oleh komunitas lokal dengan gratis. Ia berharap kebun trotoar buatannya dapat mengubah orang-orang yang kelaparan di kotanya.

Pengguna Facebook lantas membagikan aktivitas Scott sebagai ungkapan terimakasih atas tindakan tanpa pamrih dan kedermawanan pria tersebut . Biarpun taman trotoar Scoot telah dimulai dua tahun lalu, kisahnya terus beredar hingga kini. Tampaknya harapan Scoot untuk menebarkan inspirasi bagi lebih banyak orang di kota dan di sekitar Afrika Selatan untuk menjadi proaktif dalam perjuangan mencegah kelaparan, cukup berhasil. Banyak tempat di Afrika Selatan yang menyediakan kebun sayur untuk para tunawisma. Tak sedikit pula yang menawarkan pekerjaan dan sumber makanan bagi orang-orang yang secara aktif bekerja, untuk mengubah keadaan mereka.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]