× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Pengen Bikin Jamu? Coba ke Wisata Jamu di Bantul

By Redaksi

Bantul – Majalahcsr. Dusun Watu Desa Argomulyo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Provinsi Yogyakarta memiliki wisata jamu. Wisata jamu ini dikelola oleh ibu-ibu yang tergabung dalam koperasi  Jati Husada Mulya Mandiri.

Setiap wisatawan yang datang ke desa tersebut dapat melihat proses pembuatan jamu tradisional dan belajar langsung dari ibu-ibu pembuat jamu. Rumah jamu yang telah berdiri sejak tahun 2016 ini memproduksi jamu cair dan jamu instan.

Kelompok usaha beranggotakan 30 orang ini memasarkan produk jamunya dengan berbagai cara, mulai dari jamu gendong, sepeda motor, hingga menjual produk secara online.

“Kita ada paket-paket juga. Misalnya untuk anak-anak SD beda cara penyajiannya, hanya diperlihatkan jamu cair. Kemudian mulai SMP ke atas, mahasiswa atau instansi penyajiannya beda yaitu dengan menyajikan jamu instan juga,” ujar Sekretaris Koperasi Jamu Jati Husada Mulya Mandiri, Yuli Pertamiyanti yang dilansir oleh Antara Video Kamis (17/5).

Kelompok usaha jamu wanita ini mendapatkan bantuan dari program CSR PT Pertamina Terminal BBM Rewulu. Ada 4 kelompok usaha jamu di desa argomulyo yang mendapat bantuan dari Pertamina terminal Rewulu.

Bantuan diberikan dalam bentuk membangun rumah jamu, memberi pelatihan pengolahan jamu, serta membantu promosi dan pengolahan jamu.

“Untuk pemasarannya kita juga bantu dari Pertamina, misalnya dimasukkan pada pusat oleh-oleh di SPBU. Selain itu juga membnatu membangun rumah jamu sebagai sarana promosi kegiatan wisata edukasi belajar jamu juga promosi produk-produk jamu,” ujar Community Development Officer Pertamina TBBM Rewulu, Ayu Pratiwi.

Produk jamu dijual dengan harga bervariasi sekitar Rp15000 hingga Rp25000 untuk produk jamu instan. Dan Rp5000 hingga Rp7000 untuk jamu cair ukuran 600 ml.

Berdirinya rumah jamu dan paket wisata kunjungan ke desa Argomulyo mampu meningkatkan pendapatan pengusaha jamu dan warga sekitar.

Dok. Antara

Keywords: , , ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]