× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Penerapan CSR di Perusahaan

By Redaksi
Dok. MMCSRTrisakti

Jakarta – Majalahcsr. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau CSR adalah strategi bisnis, juga memiliki arti bahwa organisasi memiliki tanggung jawab kepada banyak pemangku kepentingan dalam menjalankan bisnis mereka, tidak hanya kepada para pemegang saham. Ini adalah tentang bisnis dengan asumsi tanggung jawab yang melampaui batas hubungan komersial sederhana.

World Business Council for Sustainable Development mendefinisikan CSR sebagai “komitmen berkelanjutan oleh bisnis untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi sambil meningkatkan kualitas hidup tenaga kerja dan keluarga mereka serta masyarakat lokal dan masyarakat luas”.

Semakin banyak proyek dan survei penelitian yang menunjukkan keterkaitan yang kuat antara aktivitas organisasi CSR dan peningkatan kinerja perusahaan, seperti daya saing, posisi pasar, hubungan investor, perekrutan, dan manajemen risiko. seperti yang dilansir dalam www.crmlearning.com, bahkan ada ada sejumlah dana investasi yang tersedia bagi orang-orang yang ingin berinvestasi di perusahaan atau produsen yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Meskipun definisi ini mungkin bertentangan dengan masalah keuangan tertentu untuk memaksimalkan nilai pemegang saham, perusahaan-perusahaan Amerika menjadi jauh lebih sadar akan tanggung jawab mereka kepada masyarakat dan pasar tempat mereka beroperasi. Dan mereka penuh semangat, tetapi tidak secara universal, merangkul tujuan-tujuan ini.

Memang, laporan tahunan perusahaan mengindikasikan aktivitas kewarganegaraan yang signifikan yang menambah nilai bagi para pemangku kepentingan mereka. PepsiCo, misalnya, dengan jelas mengartikulasikan tanggung jawabnya mengenai lingkungan dan urusan masyarakat. Ini telah menetapkan indeks pengukuran untuk keberlanjutan manusia, lingkungan, dan bakat yang mempengaruhi pengambilan keputusan eksekutif.

Kellogg’s menyumbangkan lebih dari 20 juta dolar produk mereka setiap tahun untuk melawan kelaparan dunia. Pada tahun 2005, Ben & Jerry’s membuka toko di Austin, Texas untuk organisasi komunitas yang membantu pemuda dan keluarga yang berisiko. Toko ini menyediakan peluang kerja bagi klien komunitas dan semua keuntungan dari toko diberikan langsung ke organisasi, bahkan Ben & Jerry’s tidak mengumpulkan biaya waralaba.

Secara regional, Maine, New Hampshire dan Vermont telah mendirikan organisasi-organisasi tingkat negara bagian yang menyediakan sumber daya, berbagi praktik terbaik, dan mendiskusikan isu-isu kebijakan publik yang terkait dengan praktik CSR. The Maine Businesses for Social Responsibility (www.mebsr.org) adalah organisasi yang terdiri dari beragam bisnis yang percaya, dalam teori dan praktik, bahwa perusahaan dapat menjadi kekuatan yang kuat untuk perubahan positif di komunitas mereka di mana mereka melakukan operasi.

Pernyataan misi mereka cukup jelas: “Manajemen sukses dari garis bawah ganda profitabilitas dan tanggung jawab sosial akan menjadi tujuan dari setiap bisnis di negara bagian.”

CSR dapat didefinisikan oleh banyak variabel. Namun semakin banyak pemangku kepentingan yang meminta dan menuntut agar perusahaan-perusahaan di komunitas dan portofolionya memfokuskan banyak perhatian pada CSR mereka seperti yang mereka lakukan terhadap keuangannya.

Sumber Daya Manusia memiliki keunggulan dalam memajukan dan mengartikulasikan pendekatan perusahaan terhadap CSR. Dalam upaya mencari karyawan terbaik, perekrut di perguruan tinggi secara rutin ditanya tentang komitmen perusahaan mereka dan contoh CSR. Generasi X’ers dan Generasi Y’ers agresif dalam keinginan mereka untuk bekerja untuk perusahaan yang responsif secara sosial di samping ketajaman keuangan dan bisnis mereka.

Keywords: ,

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]