× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Pemilik Rental Viral Pinjamkan Armadanya untuk Penanganan COVID-19

By Redaksi
Ilustrasi Mobil Rental. Foto : TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan

Tahukah anda, pada 2018 Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia? Terbukti, wabah corona yang menyulitkan masyarakat secara ekonomi dan kesehatan, membuat banyak warga kita lebih peka untuk membantu.

Tak perlu pejabat atau pengusaha yang bisnisnya besar, pemilik rental kendaraan pun tergerak untuk membantu. Belum lama ini jagat maya kembali ramai oleh pemilik rental mobil yang meminjamkan beberapa kendaraannya sebagai armada barang dan penumpang.

Akun @kikasyafii yang merupakan pemilik rental menjadi viral karena mencuit, dirinya ingin membantu memerangi COVID-19 dengan meminjamkan armadanya.  

“Saya ingin kasih sumbang pakai mobil-mobil ini selama wabah corona, bisa untuk angkut barang ataupun orang,” cuit Kiki dalam twittnya, Minggu (12/4/2020).

Adapun mobil rental yang ia pinjamkan ada di banyakkota, mulai di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, sampai Makassar. Lantas darimana idenya?

“Kondisi driver kami banyak yang sudah pulang karena mobil (usaha ini) tidak jalan sama sekali akhirnya dipulangkan dan ada juga yang pulang,” cetus Kiki seperti dilansir dari kumparan, Rabu (15/4/2020).

Wabah corona juga diakui Kiki sangat mempengaruhi kondisi usahanya.

“Kalau tenaga driver-kan tetap pakai tenaganya jadi perlu dibayar, bisa nego langsung dengan sopirnya untuk tarifnya, kami pihak manajemen tidak ikut-ikutan soal tarif driver,” imbuh Kiki.

 Kiki mengaku sudah tiga hari ia menjalankan gerakan sumbang pakai mobil rental miliknya.

Sejauh ini sudah sekitar 25 komunitas yang meminjam mobilnya. Mereka tersebar di tiga kota, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang. Kiki pun membeberkan alasannya meminjamkan koleksi mobil rentalnya.

“Dalam kondisi seperti ini kan kalau menyumbang uang saya rasa bisa habis dalam waktu sekejap, makanya kami berpikir bagaimana kalau menyumbang dengan sumber daya yang kami punya,” pungkas Kiki.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]