× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Pemerintah DKI Jakarta Resmi Terapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar

By Redaksi
Warga Beraktivitas Memakai Masker di Kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Mulai Selasa (7/4/2020), Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta secara resmi menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemberlakuan ini menuntut pembatasan warga dalam beraktivitas guna mencegah penyebaran COVID-19 yang makin meluas.  Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto pada Senin (6/4/2020) sudah meneken pengajuan PSBB oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Jumlah  terjangkit di wilayah DKI Jakarta hingga per 7 April 2020, sudah mencapai 1.369 pasien. Sementara jumlah secara nasional ada di 2.738 pasien.

Gubernur Anies Baswedan sudah mengusulkan status pemberlakuan PSBB untuk DKI Jakarta kepada pemerintah pusat, Kamis (2/4/2020).

Peraturan ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/239/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), disebutkan bahwa PSBB dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih ditemukan bukti penyebaran.

Masa pemberlakuan PSBB seperti tercantum dalam surat keputusan, selama 14 hari sejak masa berlaku. Namun, dapat diperpanjang apabila ditemukan bukti penyebaran virus corona baru. Sepertiyagdilansir dari kompas.com, surat surat keputusan memiliki 4 diktum. Tiga diktum diantaranya berbunyi:

Dalam diktum pertama tertulis, “Menetapkan PSBB di wilayah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka percepatan penanganan Covid-19”.

Dalam diktum kedua tertulis, “Pemerintah Provinsi DKI Jakarta wajib melaksanakan pembatasan sosial berskala besar sebagaimana dimaksud diktum kesatu sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan secara konsisten mendorong dan mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat”.

Adapun dalam diktum ketiga tertulis, “PSBB sebagaimana dimaksud diktum kedua dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran”.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), pada Pasal 13 yaitu Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar meliputi:

a. peliburan sekolah dan tempat kerja;

b. pembatasan kegiatan keagamaan;

c. pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum;

d. pembatasan kegiatan sosial dan budaya;

e. pembatasan moda transportasi; dan

f. pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]