× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Pemeriksaan Kesehatan Usia Dini, Bantu Aset Bangsa

By Redaksi
Dok. PT TPL

Parmaksian – Majalahcsr. Usia dini menjadi rentan akan penyakit jika tidak dirawat dan diperhatikan, apalagi jika anak-anak sudah memasuki masa sekolah dan bermain. Satu yang pasti, sudah menjadi hak anak untuk mendapatkan kesehatan yang layak.

Sebanyak 900 anak dari 5 Sekolah Dasar (SD) dan 3 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Kecamatan Permaksian mendapatkan perhatian untuk diperiksa berat badan, mata, gigi, tingkat fokus anak dan kesehatan perut. Kegiatan ini berlangsung selama 1 bulan, dimulai dari SD 173641 Siantar Utara (Siruar).

Bekerjasama dengan pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Parmaksian, PT. Toba Pulp Lestari,Tbk. (TPL) juga memberikan paket sehat untuk murid sekolah yang berisi sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi, makanan 4 sehat 5 sempurna, dan vitamin. Selanjutnya program kesehatan TPL ini akan dilaksanakan di SDN 1758111 Sosor ladang.

“Program ini  diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan anak sekolah SD di kecamatan parmaksian,” ujar, Manager Pengembangan Masyarakat PT TPL, Ramida Siringoringo jumát (3/11).

Puskesmas Parmaksian memiliki program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang dilaksanakan setiap 6 bulan dan program PMT (Pemberian Makanan Tambahan ) untuk meningkatkan daya tahan tubuh murid sekolah. Namun dengan pemeriksaan sejak dini, seperti kata kepala Puskesmas Parmaksian, Dr. Tetty Simanjuntak, dapat mendeteksi penyakit yang membahayakan kesehatan anak.

Dalam acara ini hadir juga Camat Parmaksian, Paiman Butarbutar dan kepala desa Siantar Utara (Siruar)  Rumondang Sitorus. Rumondang juga menerangkan bahwa anak usia dini dan lansia menjadi usia yang rentan kesehatannya dan membuthkan perhatian. “Kalau bisa program kesehatan gratis PT TPL yang dimulai tahun 2004 dan 2006 lalu dapat kembali digalakkan “ ujar Rumondang.

Direksi TPL, Mulia Nauli mengatakan bahwa anak PAUD dan SD adalah generasi emas sehingga perlakuannya harus khusus terutama kesehatan. Jika anak sehat maka tingkat kecerdasannya akan meningkat, ini tujuan utama perseroan.

 

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]