banner
Dok. Kemensos
Berita

Pemberdayaan Disabilitas

1500 views

Solo – Majalahcsr. Graha Sabha Bhuana gedung yang pernah dipakai Presiden Jokowi untuk perhelatan putri nya hari ini di penuhi oleh para Penyandang Disabilitas dari berbagai wilayah untuk mendapatkan bantuan alat produk dari BPJS Ketenagakerjaan. Pada kesempatan itu hadir 535 penyandang disabilitas.

Sebanyak 150 orang diantaranya merupakan Disabilitas Intelektual yang merupakan Penerima Manfaat dari BBRSBG Kartini Temanggung. Bantuan yang diterima berupa alat-alat keterampilan masak, mesin jahit, kerajinan, pertukangan kayu dan bahan keset.

Pemberian bantuan ini dilaksanakan pada acara Pemberdayaan Ketenagakerjaan Disabilitas. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kewirausahaan dibidang tata rambut, tata boga, menjahit, dan elektronik.

Selain mendapatkan bantuan, para penyandang disabilitas juga mendapat kartu BPJS Ketenagakerjaan. Acara ini dihadiri olah Walikota Surakarta, Fx Hadi Rudyatmo, dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto.

Pada kesempatan ini orang nomor satu di Surakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap warga negara memiliki hak yg sama termasuk di dalam Ketenagakerjaan. “Penyandang disabilitas merupakan aset dan sumber bagi negara, untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dan mendorong penyandang disabilitas agar mampu berketrampilan dan berproduksi, serta menjaga kelangsungan produksi mereka,” ujar FX Hadi, Rabu (10/4).

Menteri Tenaga Kerja yang diwakili oleh Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Ir. Nurrahman,M.Si, menyampaikan bahwa pemerintah akan terus memberikan pelatihan dan peluang kerja bagi penyandang disabilitas dengan menggandeng berbagai pihak, agar mereka dapat mandiri.

banner