× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Pelatihan UKM Lewat Digital

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Sudah lebih dari setahun terakhir Google Indonesia mendukung perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Sejalan dengan bisnisnya di bidang digital, salah satu perusahaan besar didunia ini membuat pelatihan untuk memajukan bisnis melalui digital.

Topik-topik yang lengkap disediakan, mulai dari tren digital, membangun portal usaha sampai SEO/SEM. Siapa saja boleh ikut, boleh salah satu atau semua kelas dipilih, asyiknya, peserta akan mendapatkan sertifikat dari Google.

Majalahcsr.id sempat mengikuti rangkaian topik yang diadakan. Namun ada beberapa hal yang menarik untuk ditanyakan ke Head of Communications Google Indonesia, Jason Tedjasukmana. Berikut petikannya yang dilakukan melalui email;

Kenapa Google membuat acara ini?

Tujuan utama dari Gapura Digital adalah untuk membantu UKM di Indonesia dengan memberikan kelas pelatihan mengenai dunia digital agar UKM bisa memperkenalkan merek mereka di Internet dan memberikan tips untuk memaksimalkan Internet dalam mengembangkan usaha mereka.

Kenapa digital?

Lebih dari 140 juta masyarakat Indonesia menggunakan Internet untuk mencari informasi serta menemukan produk dan tempat-tempat baru. Sebuah riset dari Deloitte Access Economics menunjukkan bahwa para pemilik UKM Indonesia yang memanfaatkan Internet dalam memasarkan bisnis mereka mengalami peningkatan pendapatan hingga 80% dibandingkan dengan UKM yang tidak menggunakan internet.

Apa  saja dampak yang dihasilkan dari program Gapura Digital untuk bisnis Google?

Google berkomitmen dalam membantu UKM untuk membawa usaha mereka ke ranah digital dan membantu Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Hingga saat ini, kami telah mendukung lebih dari 700.000 bisnis online dan melalui Gapura Digital. Tentunya kami akan membantu lebih banyak lagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan kemampuan Internet.

Sejak  kapan dan rencananya sampai kapan acara ini berlangsung?

 Kelas pelatihan ini sudah dilakukan sejak bulan Mei 2017 di 10 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogya, Semarang, Denpasar, Medan, Makassar, dan Pontianak. Mulai Februari 2018, kami juga membuka kelas di Palembang dan Padang, serta menambah 1 lokasi kelas masing-masing di Jakarta dan Surabaya. Jadi ada 14 kelas pelatihan Gapura Digital di 12 kota di Indonesia.

Untuk sekarang kami melihat antusiasme yang besar dari masyarakat Indonesia, sehingga kami telah membuka kelas sampai dengan bulan Desember 2018. Kami akan mempertimbangkan kota selanjutnya yang akan dibuka untuk kelas pelatihan ini.

Apa  target dari acara ini? Adakah keberlanjutannya? Mungkin membuat sebuah inkubator?

Tujuan dari kelas pelatihan Gapura Digital adalah untuk membantu UKM di Indonesia agar bisa membawa usaha mereka ke ranah digital dan membantu Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Untuk rencana ke depannya, kami masih perlu mendiskusikan lebih lanjut dengan tim internal kami.

Apakah acara seperti ini juga dilakukan di cabang Google di negara lain? Kalau tidak, kenapa diadakan di Indonesia?

Iya, kelas pelatihan ini merupakan adopsi dari yang telah dilakukan oleh negara lain, namun dengan konsep dan metode kelas yang dibuat berbeda, yaitu menyesuaikan dengan kultur UKM di Indonesia.

 

“Yang minum obat setiap hari itu tidak hanya kamu. Yang sakit diabetes juga minum obat. Yang hipertensi juga rajin minum obat.” Itulah kata-kata yang Tice sampaikan kepada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ia dampingi agar mau rajin terapi dan minum obat. Tice adalah seorang ibu rumah tangga yang berkomitmen menjadi pendamping ODGJ, bukan perawat […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]