× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Peduli Kesehatan Pemulung dan Petugas Persampahan, Coca Cola Sebar Bantuan

By Redaksi
Pemberian Bantuan untuk Pemulung dan Petugas Sampah dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI). Foto : CCFI

MajalahCSR.id – Pemulung termasuk kelompok masyarakat yang rentan terpapar COVID-19.  Aktivitas pekerjaan yang menuntut di lingkungan kotor mengundang resiko untuk terpapar virus. Menurut pendiri Greeneration Foundation, Mohamad Bijaksana Junerosano, jumlah pekerja di sektor persampahan di Indonesia saat ini cukup besar, yaitu sebanyak 300.000 pemulung, 600.000 petugas persampahan dan 2,4 juta keluarga pemulung.

Untuk memberi perlindungan bagi para pemulung dan petugas persampahan dari paparan virus, Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bersama mitra mendistribusikan ribuan bantuan. Bekerja sama dengan dua yayasan yang bergerak di bidang lingkungan dan kemanusiaan, Greeneration Foundation dan BenihBaik.com, Coca-Cola menyalurkan paket bantuan kepada 6.290 pemulung dan petugas persampahan di berbagai wilayah di Indonesia.

Bantuan yang diberikan melalui Greeneration Foundation berupa Alat Pelindung Diri (APD), sembako, hygiene kit, dan modul edukasi COVID-19 kepada 2.500 pemulung dan petugas persampahan dilaksanakan secara bertahap di 25 wilayah di Indonesia.

Selain itu, Coca-Cola juga telah memberikan donasi senilai Rp 1.4 miliar yang diserahkan kepada BenihBaik.com dalam bentuk sembako dan perlengkapan kesehatan kepada 3.790 pemulung.  Adapun bantuan tersebut disalurkan ke Bekasi, Jakarta Utara, Tangerang, Pontianak, Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan melalui Dompet Kemanusiaan Media Group (DKMG).

Wakil Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia, Triyono Prijosoesilo, menyampaikan “Salah satu pihak yang sering luput dari perhatian adalah para pelaku atau pekerja di sektor persampahan. Inisiatif ini merupakan respon kepedulian Coca-Cola dalam memberikan perhatian serta perlindungan kepada para pemulung dan petugas sampah yang merupakan garda terdepan dalam menjaga kebersihan lingkungan.”

Program “Bantu Pemulung dan Petugas Persampahan Aman dari COVID-19” bersama dengan Greeneration Foundation, menyalurkan bantuan secara bertahap sejak Desember 2020 hingga Januari 2021 ini.  Adapun paket yang diberikan adalah sembako, APD berupa masker, sarung tangan, topi, dan sepatu boot, lalu hygiene kit yaitu sabun cuci tangan dan hand sanitizer, serta Modul Edukasi COVID-19.

Terdapat 25 titik wilayah penyaluran yang menjadi target dalam program ini diantaranya adalah Aceh, Padang, Lampung, Pekanbaru, Palembang, DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Kabupaten Malang, Kota Batu, Surabaya, Banyuwangi, Denpasar, Maumere, Mataram, Ternate, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Kabupaten Kapuas, Makassar, Palu, Gorontalo, Kendari dan Manado.

 

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]