banner
Payung dari Panel Surya yang Menyejukkan Pemakainya dan Multifungsi. Foto : Carlo Ratti Associati
Ragam

Payung Tenaga Surya yang Bikin Adem Penggunanya

645 views

MajalahCSR.id – Payung adalah barang wajib yang dipakai – selain sunblock – saat kegiatan berjemur di pantai.  Bagi masyarakat barat berjemur di pantai adalah keasyikkan tersendiri, selain tentunya menikmati panorama alam. Biasanya payung pantai ini terbuat dari kain dengan corak aneka warna. Tapi bagaimana jadinya bila payung ini merangkap panel surya yang bisa mendinginkan pemiliknya saat bernaung?

Payung unik ini merupakan ide dari Sammontana, produsen gelato dan makanan manis beku. Inhabitat         memberitakan, perusahaan ini mencoba mengaplikasikan konsep tujuan keberlanjutan pada 2016, yang terinspirasi dari tujuan pembanguan keberlanjutan yang dicanangkan PBB (Sustainability Development Goals/SDGs). Untuk mewujudkan tujuan tersebut, perusahaan mendapat bantuan dari firma desain inovasi Carlo Ratti Associati (CRA) dan arsitek Italo Rota untuk mengembangkan desain.    

“Tujuan proyek Sammontana ini untuk menurunkan dampak lingkungan di pantai-pantai Itali di tengah momen menyenangkan saat musim panas,” kata Sibilla Bagnoli, Kepala Divisi Komunikasi dan Merek Sammontana Itali.  “Sudah bertahun-tahun, perusahaan kami fokus pada lingkungan, berinovasi untuk konsumen kami, dan memberikan layanan sambil memberi perlindungan pada lingkungan.”

Elemen kunci dari payung tenaga surya ini adalah panel surya yang dapat dilipat dan dibentang lazimnya payung. Desainnya turut dikerjakan oleh Chuck Hoberman, seorang professor di Universitas Harvard yang menghabiskan empat dekade mengembangkan pola struktur lipat. Desain ini juga disebutkan meniru sistem panel surya pesawat luar angkasa milik NASA.   

Payung tenaga surya bergaya origami ini memiliki tinggi 8,2 kaki (2,5 meter) dan bentangan 10,5 kaki (3,2 meter) mirip ukuran payung pantai biasa. Produk diciptakan untuk efisiensi energi dengan panel yang dilipat sesuai arah paparan sinar surya. Energi dari tenaga surya bisa digunakan untuk menghidupkan kotak pendingin mini yang berisikan minuman ringan. Beberapa payung bila dihubungkan bahkan dapat memberdayakan sebuah freezer besar untuk membekukan es krim.

“Desain proyek ini dimulai dari memanfaatkan tenaga matahari agar menghasillkan listrik yang dipakai mendinginkan ruang di bawah payung. Lalu dikembangkan untuk bisa memenuhi kebutuhan energi pada resort pantai. Menyenangkan bagi kami saat Sammontana memutuskan bergabung mengembangkan proyek. Masing-masing pihak menjadi berkomitmen mengedepankan isu lingkungan sekaligus kesejahteraan manusia.”  

Prototipe pertama payung tenaga surya ini sudah dipamerkan di Biblioteca degli Alberi Milano Park, Kota Milan, Itali, mulai 12 Juni kemarin.

banner