× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Pastikan Pemudik Nyaman di Libur Lebaran, Pertamina Sumbagsel Jamin Suplai dan Distribusi Energi

By Redaksi

Memasuki 10 hari terakhir puasa dan jelang libur lebaran, Pertamina memastikan kebutuhan energi masyarakat di masa arus mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah tetap aman.

Hal ini ditegaskan General Manager Refinery Unit III Plaju, Yosua I. M. Nababan. Menurutnya, Pertamina terus memastikan operasional produksi dan stok selalu dijaga. “Kami pastikan tidak ada kendala secara operasional agar ketahanan energi tetap terjaga,”tegasnya.

Untuk produksi kilang RU III Plaju, semua produk dalam keadaan optimal, coverage days (CD) atau ketahanan stok tiap produk juga aman. Sementara itu, dari sisi pemasaran yang berhubungan langsung dengan masyarakat, sudah disiapkan ketahanan stok dan distribusi sejak 21 Mei 2019 lalu.

“Saat masa Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) diberlakukan, kami ingin memastikan ketahanan stok dalam keadaan aman, sehingga distribusi tidak terganggu dan masyarakat dapat melaksanakan perjalanan mudik dan libur lebaran dengan nyaman dan tenang,” ungkap General Manager Marketing Operation Region II Sumbagsel, Primarini.

Jika dilihat  data Pertamina per tanggal 25 Mei 2019, stok dan ketahanan produk masih sangat aman. Tim Satgas RAFI setiap harinya juga memonitor perkembangan stok dan realisasi konsumsinya. Adapun stok energy yang dipersiapkan diantaranya:

–              Premium 33.000 Kilo Liter (KL) dengan CD 6 Hari

–              Bio Solar 38.000 KL dengan CD 4.6 Hari

–              Pertamax 23.400 KL dengan CD 6.5 Hari

–              Turbo 650 KL dengan CD 20 Hari

–              Dex 1.900 KL dengan CD 82 Hari, dan

–              LPG 6.800 Metrik Ton (MT) dengan CD 3.6 Hari

Primarini menambahkan, operasionalisasi tol Bakauheni hingga Terbanggi Besar, dan tol fungsional Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung juga menjadi perhatian Pertamina agar pemudik tidak kesulitan mencari BBM selama di perjalanan.

“Saat ini kami sudah menyiapkan SPBU Modular dan Kiosk Pertamina Siaga disepanjang ruas tol tersebut. 8 titik SPBU Modular kami siapkan di pintu keluar ASDP Bakauheni, KM 33A, KM 87A, KM 87B, KM 115A, KM 115B, KM 215B, dan KM 234A. Lalu kami juga menyiapkan 8 titik Kiosk Pertamina Siaga di KM 33B, KM 163A, KM 172B, KM 208A, KM 215B, KM 234A, KM 25 Kayuagung, dan Gerbang Tol Palindra,” jelas Primarini.

Selain kesiapan di ruas tol Trans Sumatera, Pertamina juga sudah menyiapkan fasilitas bagi pemudik yang melewati jalur lintas timur, tengah, dan barat Sumatera. Fasilitas itu antara lain adalah 11 Kiosk Pertamina Siaga, 2 Mobil Dispenser, 20 Motoris pengantar BBM Kemasan, dan disediakannya Dex Kemasan di 83 titik SPBU.

Primarini menambahkan kebutuhan LPG juga menjadi prioritas, karenanya untuk LPG disiagakan 300 Agen Siaga LPG 3 Kg, 3.910 Pangkalan Siaga LPG 3 Kg, dan 55 Agen Siaga LPG NPSO juga siap melayani masyarakat selama libur dan lebaran.

Selain memaparkan kesiapan menjelang arus mudik dan balik serta libur lebaran, Yosua dan Primarini juga memaparkan beberapa kegiatan lain, seperti Safari Ramadhan, Santunan Anak Yatim, dan kegiatan sosial lainnya.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]