× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Pasien Sembuh COVID-19 Punya Imun Lebih Tangguh

By Redaksi
Ilustrasi Virus Corona. Grafis : Freepik

MajalahCSR.id – Studi penyempurnaan penanganan COVID-19 oleh para ilmuwan masih dilakukan hingga saat ini. Di tengah kabar baik vaksin yang sudah lolos sejumlah tahapan uji dan akan secepatnya diaplikasikan, ada kabar lain seputar pasien yang berhasil sembuh.

Pasien yang sudah sembuh, disebutkan memiliki potensi imun tubuh yang lebih kuat dan lama dari kemungkinan kembali terpapar virus.

Terlepas dari seberapa tinggi antibodi pasien, kebanyakan pasien sembuh COVID, punya daya tahan lebih kuat untuk terpapar virus lagi. Hal ini disebabkan respon imun tubuh yang mengenali virus corona saat kembali memasuki tubuh, sebut para ilmuwan.

Mengutip reuters, daam studi yang dilakukan pada 185 pasien, termasuk 41 diantaranya yang terpapar COVID-19 dalam enam bulan terakhir, oleh periset dari La Jolla Isntitute for Immunology, Kalifornia, Amerika Serikat, mereka menemukan sejumlah sistem imun tubuh pasien (tidak hanya antibodi) mampu mengenali virus corona sekurang-kurangnya delapan bulan usai sembuh.

Sebagai contoh, sistem tubuh yang disebut sel memori B mampu mendeteksi virus dan memproduksi antibodi yang sangat banyak untuk melawan usai infeksi dalam satu bulan. Studi ini dilaporkan pada laman bioRxiv yang diakses secara online.

“Penemuan baru diharapkan bisa menemukan cara sistem imun tubuh yang bahkan bisa mengingat virus bertahun-tahun. Alhasil, orang-orang bisa terlindungi dari COVID-19 selama mungkin,” harap ketua tim periset, Shane Crotty dan Alessandro Sette pada kantor berita reuters.  

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]