× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Para Ahli Mengembangkan Pasta Hidrogen untuk Bahan Bakar Kendaraan

By Redaksi
POWERPASTE, Pasta Hidrogen yang Bisa Jadi bahan Bakar Kendaraan. Foto: Fraunhofer/IFAM via Business Insider

MajalahCSR.id – Di tengah kebutuhan pada energi alternatif terbarukan untuk transportasi, para ahli di Fraunhofer Institute of Manufacturing Technology and Advanced Materials (IFAM), Jerman, mengembangkan bahan bakar hidrogen berbentuk pasta. Para ahli di institute tersebut menamakan hidrogen pasta ini POWERPASTE yang menjadi temuan revolusioner dalam sektor transportasi.

Mengutip Business Insider, produk ini berasal dari bahan magnesium dan dimasukkan ke dalam kendaraan dalam bentuk ‘catridge’. Siapapun yang ingin memanfaatkan bahan bakar ini harus membeli alat khusus yang disebut hydrogen paste cartridges. Untuk mengisi kembali, pengendara mengganti ‘catridge’ hidrogen dengan yang baru lalu menambahkan air ke dalam tangki bahan bakar.

Marcus Vogt, salah satu periset di IFAM, menerangkan bagaimana cara kerja bahan bakar unik ini.

“POWERPASTE menyimpan hidrogen dalam bentuk pasta kimiawi pada suhu ruang, dan tekanan atmosfir akan menjadikannya berubah jadi bahan bakar siap pakai,” jelas Vogt.

Para ahli mengatakan, bentuk pasta itu dipilih karena menawarkan keamanan, kenyamanan, dan keterjangkauan biaya dari bahan bakar hidrogen bagi kendaraan kecil. Pasta hidrogen ini akan terurai pada suhu 480°F atau 249°C, yang artinya tetap aman dikonsumsi oleh kendaraan meskipun berada di lingkungan suhu terpanas di bumi.

POWERPASTE juga dipuji oleh para pengembangnya terkait kapasitasnya. “POWERPASTE punya kerapatan penyimpanan energi yang tinggi,” jelas Vogt. “Dibandingkan dengan batere, POWERPASTE punya kerapatan penyimpanan energi yang sepuluh kali lebih besar.”

 

 

Avatar

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]