× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Panel Surya Terbesar di Dunia Dipasang di Laut Maladewa

By Redaksi
Panel Surya Terbesar di Dunia Dipasang di Laut Maladewa. Foto : visitmaldives.com

Nama Maladewa atau Maldives mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta traveling di seluruh penjuru dunia. Negara yang terdiri dari kumpulan atol (suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna) yang sangat indah ini tak hanya menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi, kini Maladewa juga menyediakan sebuah resor yang berkelanjutan.

Dilansir dari The islandchief, sebagai bagian dari komitmen terhadap keberlanjutan, salah satu resor di Maladewa, LUX* South Ari Atoll telah bermitra dengan perusahaan panel surya terkemuka, Swimsol dengan memasang SolarSea, sebuah panel surya terbesar di dunia yang mengapung di laut.

ā€œInovasi adalah kunci untuk mencapai keberlanjutan sejati, dan kami senang dapat bermitra dengan Swimsol untuk bekerja menuju tujuan kami meminimalkan jejak ekologis kami,ā€ kata Jonas Amstad, General Manager Lux* South Ari Atoll.

Amstad juga mengatakan bahwa sebagai salah satu resor terbesar di Maladewa, Lux* South Ari Atoll bertujuan untuk memimpin jalan ekowisata dan konservasi laut di sekitar wilayahnya.

SolarSea

SolarSea merupakan teknologi panel surya unik yang mampu mengumpulkanĀ energi matahariĀ langsung di laut untuk memberi daya pada pulau dengan cara yang ramah lingkungan. Panel surya ini juga dapat menahan kondisi ekstrim yang disebabkan oleh gelombang, badai, dan air asin.

Dengan dua belasĀ platformĀ panel surya yang terpasang di luar garis pantai Maladewa, SolarSea dapat meningkatkan kapasitas energi surya sebesar 40% dan mencapai 678 kWp ā€“ cukup untuk memberi daya pada semua vila tamu resor. Selain itu, Lux* South Ari Atoll juga dapat menghemat lebih dari 260.000 liter diesel per tahun yang sebelumnya diperlukan untuk menghasilkan jumlah listrik yang sama dengan mesin pembakaran.

Panel Surya Terbesar di Dunia Terpasang di Laut Maladewa. Foto : visitmaldives.com

Di Lux* South Ari Atoll para tamu juga dapat melihat secara langsung bagaimana ā€œpelacak matahariā€ yang tersedia di vila-vila menghasilkan energi, menghemat diesel dan mengurangi emisi karbon dioksida. Adapun kelebihan dari panel surya SolarSea ini yaitu dapat dijadikan tempat perlindungan bagi ikan muda dan hewan laut lainnya.

Dengan memasang SolarSea, Lux* South Ari Atoll saat ini menjadi satu-satunya resor yang memiliki panel surya terbesar di dunia yang dipasang di lepas pantai. Rencananya resor ini dikabarkan akan terus berupaya dalam meningkatkan kapasitas energi surya di masa depan.

Hussain Simad, Managing Director di Swimsol Maldives mengatakan bahwa perusahaannya bertujuan untuk memungkinkan setiap pulau dapat mengunakan energi surya secara murni. ā€œIni merupakan kesempatan luar biasa untuk bekerja dengan LUX* South Ari Atoll untuk mencapai ini dengan dukungan luar biasa dan antusiasme mereka yang besar dalam membuat perbedaan.ā€

Mengikuti langkah-langkah perusahaan induknya, The Lux Collective, LUX* South Ari Atoll berkomitmen untuk berkontribusi dengan cara apa pun, baik besar atau kecil, untuk membuatĀ ekowisataĀ bisa sukses di Maladewa.

Sumber:
https://www.greeners.co/ide-inovasi/panel-surya-terbesar-di-dunia-dipasang-di-laut-maladewa/

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]