banner
Dok. BUMN.go.id
Berita

Pakai Gas Bumi, Hemat Hingga 40 Persen

851 views

Bogor – Majalahcsr. Persentase biaya energi bagi industri seringkali menjadi beban tersendiri. Bahkan kadang untuk mencari sumber energi tersebut terdapat kendala yang bisa menyebabkan perlambatan produksi.

Gas bumi adalah salah satu energi bersih yang aman, efisien, pun terjamin ketersediaannya. Ketersediaan yang terjamin ini menjadi salah satu kunci bagi para pelaku industri, jika ingin industrinya berjalan dengan lancar.

Contohnya PT Fajar Surya Tridasa di Bekasi. Pabrik kertas yang terkemuka di Indonesia ini memilih beralih dari bahan bakar liquefied petroleum gas (LPG) ke gas bumi PT Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk (PGAS) pada pertengahan tahun lalu karena harganya lebih murah. Dengan beralih ke gas bumi PGN, produsen kertas ini bisa efisien sekitar 40% dibanding sebelumnya.

“Dengan beralih ke gas bumi PGN, industri dapat menekan biaya produksinya hingga 40 persen dari penghematan konsumsi bahan bakar,” kata Division Head of Corporate Communication PGN, Desy Anggia, Sabtu (11/11).

Industri sebagai salah satu kontributor untuk pertumbuhan ekonomi nasional perlu mempunyai daya saing agar tidak kalah oleh gempuran dari industri lainnya. Daya saing ini salah satunya berasal dari pemakaian bahan bakar yang efisien di setiap kegiatan produksinya.

 

banner