× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Pakai Gas Bumi, Hemat Hingga 40 Persen

By Redaksi
Dok. BUMN.go.id

Bogor – Majalahcsr. Persentase biaya energi bagi industri seringkali menjadi beban tersendiri. Bahkan kadang untuk mencari sumber energi tersebut terdapat kendala yang bisa menyebabkan perlambatan produksi.

Gas bumi adalah salah satu energi bersih yang aman, efisien, pun terjamin ketersediaannya. Ketersediaan yang terjamin ini menjadi salah satu kunci bagi para pelaku industri, jika ingin industrinya berjalan dengan lancar.

Contohnya PT Fajar Surya Tridasa di Bekasi. Pabrik kertas yang terkemuka di Indonesia ini memilih beralih dari bahan bakar liquefied petroleum gas (LPG) ke gas bumi PT Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk (PGAS) pada pertengahan tahun lalu karena harganya lebih murah. Dengan beralih ke gas bumi PGN, produsen kertas ini bisa efisien sekitar 40% dibanding sebelumnya.

“Dengan beralih ke gas bumi PGN, industri dapat menekan biaya produksinya hingga 40 persen dari penghematan konsumsi bahan bakar,” kata Division Head of Corporate Communication PGN, Desy Anggia, Sabtu (11/11).

Industri sebagai salah satu kontributor untuk pertumbuhan ekonomi nasional perlu mempunyai daya saing agar tidak kalah oleh gempuran dari industri lainnya. Daya saing ini salah satunya berasal dari pemakaian bahan bakar yang efisien di setiap kegiatan produksinya.

 

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]