× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Padmamitra Awards+ untuk Mereka yang Peduli Sosial dan Lingkungan

By Redaksi
(kiri-kanan) Juri Padmamitra+ Awards 2019 Mery Yanuarita, Founding Director of MM-Sustainability Universitas Trisakti Dr. Maria Nindita Radyati, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah M.Sc, Ketua Forum CSR DKI Mahir Bayasut saat sesi Talkshow 'Sustain Ability Fest 2019' dan 'Padmamitra+ Awards' di Akmani Hotel, Jakarta, Rabu (25/9/2019)

Program Corporate Social Responsibility (CSR), kini makin disadari pentingnya dilakukan oleh berbagai elemen kemasyarakatan. Baik itu lembaga komersial ataupun non profit. Bagaimana sebuah perusahaan memberdayakan lingkungan dan sosial di sekelilingnya sebagai dampak dari kebijakan dan aktivitasnya. Hal ini juga merupakan dari menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial dan membantu tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Ini tentunya bisa diapresiasi oleh berbagai pihak sebagai bagian kemajuan sosial dan lingkungan yang awalnya tidak ada.  Sebagai bagian dari penghargaan, Dinas Sosial DKI Jakarta untuk ketiga kalinya menggelar Padmamitra Awards+. Penghargaan ini merupakan hasil dari kerjasama Forum CSR DKI Jakarta bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kesejahteraan sosial merupakan masalah multidimensi meliputi pemenuhan kebutuhan material, spiritual, sosial, sehingga mensolusikannya  diperlukan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang kuat dan berdaya. Adapun dunia usaha merupakan PSKS yang diharapkan dapat berkontribusi optimal dalam penanganan permasalahan sosial lewat implementasi  tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Dalam acara press conference untuk persiapan malam penghargaan Padmamitra Award+ di Akmani Hotel, Jakarta (25/9/2019), Ketua Umum Forum CSR Jakarta, Mahir Bayasut mengungkapkan,  penyelenggaraan Padmamitra+ Awards 2019 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Perbedaannya Padmamitra+  di tahun 2019 ini menjadi 15 kategori penghargaan dari tadinya hanya 7 penghargaan,” cetus Mahir. Padmamitra Awards+ merupakan rangkaian dari Sustain Ability Fest 2019 yang diawali dengan sosialisasi, registrasi, peserta dan audiensi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kategori yang dilombakan di tahun sebelumnya adalah Penanggulangan Masalah Kemiskinan, Penanggulangan Masalah Ketelantaran, Penanggulangan Masalah Disabilitas, Penanggulangan Masalah Keterpencilan,  Penanggulangan Masalah Ketunaan Sosial atau Penyimpangan Perilaku, Penanggulangan Masalah Korban Bencana dan Penanggulangan Masalah Korban Tindak Eksploitasi dan Diskriminasi.

Dan pada tahun ini ditambah lagi dengan Program Sosial yang Memberikan Dampak Keberlanjutan, Penyelematan Keanekaragaman Hayati dan Penyelamatan Lingkungan, Penyelesaian Stunting, Keberlanjutan di dalam Rantai Nilai Organisasi, Inovasi Sosial, Inovasi Digital, Kontribusi di dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Kemitraan untuk Keberlanjutan.

Masing-masing kelima belas kategori tersebut ditujukan untuk perusahaan swasta, BUMN, BUMD anak perusahaan, serta organisasi masyarakat, yayasan dan lembaga non profit lain. Rangakain Sustain Ability Fest 2019 dan Padmamitra Awards juga mendapat dukungan penuh dari Dinas Sosial Jakarta yang disampaikan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah.

“Sebagai penyelenggara Padmamitra Awards+, kami merasa bangga kepada Forum CSR DKI Jakarta sebagai mitra dalam menyelenggarakan awards ini dan meningkatkan kesejahteraan sosial sehingga membantu tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” imbuh Irmansyah.

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]