× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Opini “Guardian” terhadap Deforestasi Amazon: Eropa Harus Mencegah

By Redaksi
Deforestasi Ilegal Hutan Amazon - Felipe Werneck/AP

Tak hanya demi kelangsungan keragaman lingkungan hayati, hutan hujan bisa mencegah perubahan iklim. Perlu tekad kuat mendukung konservasi hutan di Brazil.

Jika ada seberkas harapan dari mirisnya deforestasi masif hutan Amazon di Brasil, itu muncul dari diplomasi iklim soal kesepahaman peraturan demi melindungi pohon hutan. Perjanjian beberapa bulan lalu antara Uni Eropa dan Mercosur (organisasi negara-negara di Amerika Selatan minus Venezuella), menguatkan kesepahaman perlindungan hutan dalam partner dagang.  

Produk kehutanan negara-negara Amerika Selatan bisa masuk ke pasar eropa, ditandai syarat bisa meyakinkan Brasil tidak mengikuti langkah Amerika Serikat yang menarik diri dari kesepakatan iklim di Paris. Uni Eropa harus menguatkan komitmen kepedulian terhadap lingkungan sesuai permintaan 600 ilmuwan berbagai negara sebelum perjanjian itu diteken.

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, secara blak-blakan menegaskan pembangunan tetap jadi prioritas negaranya. Ini sesuai dengan janji politiknya yang didukung  industri agribisnis dan pertambangan sebelum pemilu tahun lalu. Ia mencemooh aksi konservasi dan himbauan menghormati hak masyarakat asli hutan.  Bolsonaro menuduh pihak asing hanya ingin suku Amazon tetap hidup terbelakang.

Citra satelit memperlihatkan, pembabatan ilegal hutan Amazon luasnya sudah lebih dari kawasan London raya. Pertambangan emas illegal pun kian meluas. Pekan lalu, pemimpin suku Waiapi (salah satu suku asli Amazon), Emira Waiapi ditemukan terbunuh dengan luka tusuk, saat gerombolan bersenjata menyerang desanya.

Situasi ekologisnya sudah demikian kritis. Semua yang fakta yang terungkap kian memperlihatkan pengaruhnya pada iklim. Perlindungan hutan hujan tropis terbesar dunia (Amazon) – dimana hidup 30% spesies flora fauna bumi – sudah menjadi agenda penting bagi Brazil dan dunia dalam 2 dekade terakhir. Tapi hanya kurang dari setahun usai Presiden Bolsonaro terpilih, lembaga lingkungan negara terlihat dilemahkan.  Angka penindakan pelanggar hutan turun 20% dibanding periode sama tahun 2018. Jaksa pengadilan dan aktivis diintimidasi.

Bolsonaro menegaskan pesan pada warga domestik dan pihak luar, Amazon bukan urusan siapapun kecuali (pemerintah) Brasil. Dengan kebijakan politis ini, pemerhati hutan dan lingkungan mesti bertindak dengan hati-hati. Pemerintahan baru yang lebih pro kebijakan bisnis tentunya merupakan sikap kontra produktif. Sebaliknya, para tokoh lingkungan, termasuk politisi “hijau”, lebih baik bekerja dengan lembaga politik eropa. Lebih masuk akal, karena eropa adalah pasar ekspor kedua terbesar Brasil. Tekanan ekonomi setidaknya bisa memberikan perubahan positif terhadap kebijakan lingkungan pemerintah. Daging sapi dan hasil perkebunan kedelai hasil pembukaan lahan illegal semestinya dilarang masuk eropa.

Di saat bersamaan, organisasi sipil butuh dukungan menghadapi serangan pihak lawan. Dukungan sepenuhnya diperlukan untuk memenangkan komitmen negara, termasuk menanami kembali area hsil eksploitasi illegal. Edukasi dan kampanye peduli iklim seharusnya makin diupayakan lebih massif, agar masyarakat bisa paham apa yang terjadi.

Eksploitasi hutan bisa mendatangkan manfaat jangka pendek, namun bencana alam jangka panjang  niscaya bakal muncul.  Jika kita mengklaim hutan Amazon merupakan paru-paru dunia, kita tak bisa berharap Brasil melakukan konservasinya sendiri.

Sumber:
https://www.theguardian.com/commentisfree/2019/jul/28/the-guardian-view-on-amazon-deforestation-europe-must-act-to-prevent-disaster

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]