banner
Pelaksanaan konferensi pers Ramadan BISA (Berbagi itu Seru dan Asik) yang berlangsung secara hybrid di Jakarta, Selasa (29/3/2022). Foto : Istimewa
Liputan

Okky dan Good Mood Dukung Pendidikan Anak Disabilitas di Indonesia

127 views

MajalahCSR.id – Berdasarkan data Survei Sosial-Ekonomi Nasional (Susenas) 2019, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia sebesar 9,7% dari jumlah penduduk, atau sekitar 26 juta orang.

Ong Yuh Hwang, Chief Executive Officer PT Suntory Garuda Beverage, menekankan bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk maju dan meraih cita-citanya. Salah satu modal dasar yang penting adalah pendidikan yang layak. Namun berdasarkan fakta, 3 dari 10 anak dengan disabilitas tidak pernah mengenyam pendidikan.

“Itulah sebabnya, perusahaan kami berkomitmen mengalokasikan sebagian hasil penjualan Okky dan Good Mood untuk mendukung pendidikan bagi anak-anak dengan disabilitas. Hal ini selaras dengan visi Perusahaan kami yaitu Bertumbuh untuk Kebaikan (Growing for Good),“ sebut Hwang.

Okky dan Good Mood mengagas Program Ramadan BISA (Berbagi itu Seru dan Asik) dan menggandeng lembaga kemanusiaan Rumah Yatim. Kampanye Program Ramadan BISA dilakukan di platform media sosial untuk mendorong dan membangkitkan kesadaran anak-anak, remaja dan milenial agar bergabung pada aksi sosial ini.

Dari setiap pembelian produk Okky dan Good Mood selama bulan Ramadan 2022, pada jumlah tertentu akan dialokasikan untuk mendukung pendidikan anak dengan disabilitas di Indonesia. Dari dana yang terkumpul akan disalurkan oleh Rumah Yatim dalam bentuk tabungan pendidikan untuk anak yang ada di panti asuhan disabilitas Rumah Azaki berlokasi di Gunung Putri, Bogor dan panti asuhan disabilitas Yayasan Sutan Albarkah (YSAB) berlokasi di Tangerang, Banten.

Adapun konferensi pers Ramadan BISA (Berbagi itu Seru dan Asik) ini berlangsung secara hybrid bertempat di Jakarta Selatan, Selasa (29/3/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Direktur Utama Rumah Yatim; perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Tangerang dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM); perwakilan komunitas disabilitas, dan influencer media sosial, Amrit Saraje.

Pada kesempatan itu, Abdurrahman, Wakil Direktur Utama Rumah Yatim, menyebutkan bahwa lembaganya merupakan yayasan sosial kemanusiaan yang berdiri resmi sejak 2007. Menurutnya, setiap bantuan pendidikan dan kesehatan yang dihimpun dan disalurkan bagi masyarakat yang membutuhkan, telah melalui pemeriksaan oleh Tim Akuntan Publik. 

“Rumah Yatim menyambut baik dan mendukung Program Ramadan BISA yang digagas oleh Okky dan Good Mood. Ini merupakan contoh yang sangat baik bagi sektor swasta yang memiliki kepedulian tinggi untuk para penyandang disabilitas yang masih kesulitan mendapatkan akses pendidikan karena kekurangan dana dan kesempatan,” kata Abdurrahman.

Sementara itu, staf khusus Presiden Jokowi bidang sosial, yang juga penyandang disabilitas dan penulis buku Perempuan Tunarungu Menembus Batas dan Become Rich as A Sociopreneur, Angkie Yudistia menegaskan, jika salah satu hak penyandang disabilitas adalah mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu pada satuan pendidikan di semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan secara inklusif dan khusus.

“Saya sangat mengapresiasi komitmen Okky dan Good Mood, serta mengajak generasi muda untuk mendukung Program Ramadhan BISA untuk pendidikan bagi anak dengan disabilitas. Bantuan yang disalurkan pasti bermanfaat untuk anak-anak disabilitas memperoleh akses dan kesempatan yang lebih baik,” tuturnya dalam sambutan tertulis.

Sementara itu, Ade Umiyana Savitri, Chief Marketing Officer PT Suntory Garuda Beverage, menjelaskan, bawha Program Ramadan BISA (Berbagi itu Seru dan Asik) merupakan bentuk komitmen Okky dan Good Mood sebagai merek minuman yang peduli pada anak-anak Indonesia dengan disabilitas. Program Ramadan BISA didukung oleh influencer dan Youtuber seperti Naisa Alifia Yuriza dan Amrit Saraje.

“Keduanya dipilih karena mewakili profil remaja yang menginspirasi melalui teladannya berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Dengan kerjasama yang erat, kita memberikan dukungan kepada anak-anak penyandang disabilitas di Indonesia memperoleh kesetaraan akses pendidikan dan kehidupan yang lebih baik,“ imbuh Ade.

Okky dan Good Mood adalah minuman ringan untuk anak-anak, remaja dan profesional. Diluncurkan sejak 2003, Okky adalah minuman jelly pertama di Indonesia yang telah memperoleh gelar Indonesia Best Brands Award berkat komitmen tinggi terhadap inovasi dan kualitas.

banner