× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

NEXT GENEROUSion – Festival Filantrop Muda 2019 Resmi Dibuka

By Redaksi
Pembukaan Festival Filantrop Muda 2019

Pesta para Filantrop muda untuk pertama kalinya digelar di Jakarta. Festival ini berlangsung selama 2 hari, mulai Sabtu (02/11/2019) di Epiwalk, Epicentrum, kawasan Kuningan.

Erna Witoelar sebagai Co Chair Badan Pengarah Filantropi Indonesia, menyambut baik pelaksanaan filantropi ini. Menurut Erna, festival ini sengaja diselenggarakan untuk menfasilitasi dan mendorong keinginan anak muda dalam beragam kegiatan filantropi. Di jaman sekarang, aksi filantropi tak lagi sekedar kegiatan simpatik, namun juga berubah menjadi gaya hidup di mata para milenial.

Akses informasi tak berbatas yang didukung perangkat teknologi, memudahkan anak muda untuk berbagi ide, salah satunya terkait filantropi. Yang terjadi kemudian, bermunculannya komunitas dan yayasan yang mengembangkan berbagai program sosial, termasuk filantropi. Para filantrop ini perlu diarahkan untuk menjadi generasi yang selalu peduli sesama, memberdayakan satu sama lain.

Selain mendirikan komunitas/yayasan, sebagian lain menjadi pendukung, sukarelawan, donatur, dan influencer di banyak organisasi sosial. “Seseorang tidak perlu menunggu tua dan kaya, untuk berdonasi,”cetus Erna. Bahkan faktanya, 60% profil demografis Indonesia adalah kaum muda di bawah usia 30 tahun. Dari jumlah tersebut, menurut hasil riset visa soal Milenial Indonesia (2015), total penghasilan mereka per tahun diperkirakan mencapai USD 38,2 miliar. Potensi yang tidak main-main.

Mengusung tema “Muda, Peduli, Memberi Solusi” festival ini menghadirkan lebih kurang 40-an both komunitas, yayasan hadir di festival ini. Adapun bentuk donasinya yang bisa dipartisipasikan bermacam-macam. Mulai dari uang, buku, alat ibadah, kacamata dan lain-lain. Bahkan tidak hanya donasi untuk sesama, ada juga yayasan/komunitas yang bergerak di bidang lingkungan dan satwa. Festival ini berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu (2/11/2019) hingga Minggu (3/11/2019).

Selain bisa berdonasi langsung melalui secara digital lewat aplikasi GoPay, pengunjung pun bisa menyaksikan beragam talkshow dan hiburan yang mencerahkan, dan tentunya berinteraksi langsung dengan para penggiat sosial (yang banyak diantaranya anak muda milenial) sambil berdonasi secara kekinian.

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]