× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Modal UMKM dari Modalku dan Askrindo

By Redaksi

Data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Pusat Statistik, dan United Nation Population Fund, memprediksi jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia pada 2018 sebanyak 58,97 juta orang. Sedangkan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2018 diprediksi mencapai 265 juta jiwa (Kontan – 5/10/18).

Meski berskala kecil, UMKM diketahui merupakan penggerak roda ekonomi kerakyatan yang massif. Peranan UMKM dalam menyumbang perkonomian nasional pun sangat signifikan. Deputi Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simongkir menyebutkan, UMKM menyumbang terhadap Produk Domestik Bruto hingga 60,34 persen (Liputan 6 – 6/7/18).

Meskipun demikian, pelaku UMKM kerap kesulitan dalam memodali usaha mereka. Karena itu, PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) yang dikenal sebagai platform pinjaman digital terbesar di Indonesia makin meningkatkan dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui kerja sama terbaru dengan PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau PT Askrindo (Persero). Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan dan Direktur Operasional Ritel PT Askrindo (Persero), Anton F Siregar, di Graha Askrindo Kemayoran, Jakarta belum lama ini.

PT Askrindo (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam asuransi dan bertindak sebagai penanggung risiko. Kolaborasi strategis kedua perusahaan ini sebagai bentuk dukungan kepada UMKM dengan pola pembiayaan melalui perusahaan Fintech.

Selain bertujuan memitigasi risiko gagal bayar juga untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi pada industri keuangan bagi para pemberi pinjaman atau lender. Dengan kerja sama ini diharapkan akses permodalan dan tingkat kepercayaan industri keuangan kepada pelaku UMKM semakin baik dan UMKM dapat tumbuh dan berkembang di era globalisasi dan digitalisasi ini.

Keywords: , ,

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]