× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Menjadikan Limbah “Coffee Pod” Bermanfaat ala The Cup Hero

By Redaksi
Hasil Daur Ulang dari Coffee Pod oleh Cup Hero. Foto : Cup Hero

MajalahCSR.id – Menjamurnya kedai minum kopi saat ini merupakan kabar baik untuk industri kopi. Hanya saja di balik itu, ada dampak lain yang perlu dipikirkan: “coffee pod”.  Coffee pod menyerupai kantong teh yang terbagi dua bagian yaitu bubuk kopi dan filter.

Fungsi coffee pod adalah menjaga kesegaran kopi hingga saat diseduh. Setelah digunakan, coffee pod menjadi limbah yang tentu saja menimbulkan polusi di tempat sampah. Sementara penikmat kopi juga masih belum banyak yang mempraktikkan proses yang lebih  ramah lingkungan.

Syukurlah ada startup yang bernama Cup Hero. Sang pendiri Connor Feeney menemukan ide saat keluarganya menyeduh kopi menggunakan coffee pod sekali pakai. Pada saat yang bersamaan, ia menyadari jika coffee pod itu bisa kembali didaur ulang, salah satunya jadi kompos.

Mengutip dari Inhabitat, Cup Hero memakai perangkat sederhana untuk memisahkan penutup plastik, alumunium foil, kertas saring, bubuk kopi, dan cincin plastik hanya dalam 10 menit. Setelah semuanya terpisah, tiap komponen bisa dimanfaatkan kembali. Plastik dan alumunium bisa didaur ulang, sementara bubuk kopi dan kertas dijadikan kompos.

Menurut keterangan perusahaan, misi utamanya adalah “mengurangi penggunaan produk sekali pakai, seperti plastik yang mengotori lahan, mendorong orang untuk menerapkan praktik keberlanjutan, dan menyoroti isu lingkungan yang seringkali diabaikan dampaknya”. Cup Hero ini akan mulai melakukan promosi di situs Kickstarter pada musim gugur depan.

Memanfaatkan coffee pod sebenarnya sudah dilakukan di Indonesia. Salah satunya yang digagas oleh perusahaan kopi global di Indonesia, Nescafe, yang bekerja sama dengan perusahaan yang bermisi sosial, waste4change terkait pengelolaan sampah. Limbah coffee pod itu lantas diolah menjadi produk lain yang bermanfaat.  

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]