banner
Dok. PT TPL
Berita

Meningkatkan SDM Dari Tobasa

1066 views

Parmaksian – Majalahcsr. Delapan siswa berprestasi asal kecamatan Parmaksian yang kuliah di Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung mendapatkan nilai indeks prestasi (IP) diatas 3,0. Pembuktian penerima beasiswa dari PT Toba Pulp Lestari, Tbk. (TPL) ini diapresiasi Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Tobasa kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Tumpal Panjaitan, yang didampingi oleh Manager Community Development (CD) PT TPL, Ramida Siringoringo, dan Koordinator CD PT TPL, Meriah Tinambunan.

Tumpal juga mendukung agar anak-anak tersebut terus didorong untuk mencapai prestasi tertinggi karena fasilitas pendukungnya sudah memadai.’’ Kami apresiasi PT TPL karena belum ada perusahaan lain di kabupaten Tobasa yang melaksanakan program seperti ini hingga anak-anak ini nantinya lulusa dan segera bekerja di PT TPL,” ujar Tumpal.

Direktur ATPK, Soeprapto, mengungkapkan bahwa anak-anak penerima beasiswa jenjang diploma-3 (D-3) dari PT TPL terus menunjukkan perkembangan yang positif. “Kami melihat anak-anak ini mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus yang dinamis dan menunjukkan perkembangan positif dilihat dari nilai IP mereka yang baik di semester pertama,” ujar Soeprapto.

Dok. PT TPL

Krismon Sitorus (20 tahun), salah satu penerima beasiswa dari desa Siantar Utara (Siruar), merasa bangga dikunjungi oleh pihak Disdik dan PT TPL. Hal ini memacu semangat anak keenam dari tujuh bersaudara ini  untuk bisa meraih nilai tinggi dan lulus pada waktunya.

Krismon yang adalah putra dari seorang petani juga mengapresiasi  telah diberikan tips-tips agar bisa belajar dengan baik. “Kami mendapatkan cara-cara bagaimana belajar yang baik dan efektif dari pihak  PT TPL. Saya jadi semangat untuk menghadapi UAS (ujian akhir semester) bulan September nanti,” ujar alumnus SMK Parulian ini.

Hal senada diungkapkan Sarah Simanjuntak (18), salah satu penerima beasiswa dari desa Lumban Sitorus, kecamatan Parmaksian. Ia mengaku senang karena kini bisa kuliah meski kini ia harus belajar jauh dari ayah dan adik-adiknya. Selama hamper setahun, dirinya selalu semangat untuk belajar dan medapatkan nilai tertinggi. Diungkapkannya juga bahwa PT TPL juga memberikan lemari dan meja-kursi untuk belajar.

Sarah, anak dari seorang petani ini, menambahkan bahwa dirinya semakin semangat belajar saat pihak Dinas Pendidikan Tobasa dan PT TPL berkunjung ke ATPK untuk memberikan tips-tips belajar yang baik. “Kami kemarin mendapatkan tips-tips jitu agar bagaimana mengatasi hal-hal buruk di dalam diri kita bisa berubah menjadi positif sehingga kami dapat belajar dengan maksimal,” ujar anak keempat dari lima bersaudara ini.

Dok. PT TPL

Ramida Siringoringo, mengatakan bahwa bantuan di bidang pendidikan merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan terhadap pengembangan sumber daya manusia dalam segala aspek kehidupan.

“Sesuai dengan misi perusahaan yakni good for community (baik untuk masyarakat) dan good for country (baik untuk negara), program beasiswa ini menjadi bukti nyata bahwa perusahaan ingin memberikan dampak positif, yakni mendongkrak prestasi anak-anak di Tobasa sekaligus meningkatkan perekonmian keluarga mereka karena setelah lulus nantinya mereka bisa langsung bekerja,” ujar Ramida Siringoringo.

Program beasiswa ini diberikan kepada siswa bepres­tasi dan dengan latar belakang ekonomi keluarga yang kurang mampu yang berada di sekitar wilayah operasional PT TPL untuk berkuliah selama tiga tahun di ATPK di Kota Bandung, Jawa Barat.

 

 

Keywords: , , ,
banner