× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan

By Redaksi

Kupang – Majalahcsr. Dalam rangka tingkatkan mutu pendidikan di wilayah prasejahtera di Indonesia, dan sejalan dengan tema Hari Pendidikan Nasional tahun ini yaitu Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan, PT. Astra International melalui Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) memacu sekolah-sekolah binaan untuk meraih pengakuan dan prestasi baik secara akademik dan non akademik agar dapat bersaing pada skala global.

Berkontribusi pada aspek pendidikan dalam Festival Kampung Berseri Astra (KBA) yang bertemakan Astra Untuk Indonesia Cerdas, YPA-MDR memiliki pola pembinaan yang komprehensif dan masif dengan 4 pilar (akademis, karakter, life skill, seni budaya) dan konsep sekolah escalator yaitu merupakan konsep sekolah berjenjang dan berkelanjutan dari SD, SMP, SMK dan teaching factory yang berdampak pada pemberdayaan masyarakat menuju ekonomi kerakyatan. Peranan YPA-MDR di Sonraen, NTT, khususnya menjadi bagian KBA menuju desa sejahtera melalui dunia pendidikan.

Pengimbasan program-program pendidikan ke sekolah lain (non Binaan Astra), YPA-MDR bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat sebagai tanggung jawab moral melalui KKG (Kelompok Kerja Guru) untuk menyebarkan mutu pendidikan yang merata dan setara.

“YPA-MDR Menyiapkan SDM yang bermutu di Kupang, NTT melalui program-program pendidikan yang berkualitas dengan program pelatihan secara akademis (pedagogik, PTK, K13 dll), manajemen sekolah untuk Kepala sekolah termasuk karakter kepada guru-guru dan siswa,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo dalam rilis, Senin (14/5).

Kepada siswa juga diberikan pelatihan life skill dan seni budaya sesuai potensi kearifan lokal. Dilengkapi sarana prasarana sesuai standar pelayanan minimum (SPM).

Saat ini sejak 2016 ada 10 SD yang terdiri dari masing-masing lima SD di Kec.Takari dan Kec. Amarasi Selatan. Menyusul tahun ini perluasan ke Rote Ndao sebanyak 5 SD.

Pada kesempatan yang sama, YPA-MDR meresmikan SDN Buraen 1 yang dihadiri juga oleh Kepala LPMP Prov NTT, Drs. H. M. Irfan, MM dan Sekda Kab. Kupang drs. Joni Nomseo Msi. Ditanah seluas 1,5 hektar (ha) YPA-MDR memberikan bantuan sarana prasarana meliputi renovasi fasilitas sekolah seperti 12 ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, perpustakaan, ruang UKS dan lainnya tersebut sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum Pendidikan.

Pembangunan sarana prasarana tersebut merupakan salah satu dari 10 sekolah binaan yang akan diberikan untuk menunjang proses pembelajaran yang dipersiapkan sebagai sekolah mandiri dan unggul. YPA-MDR melihat optimisme terhadap kemajuan sekolah-sekolah binaan dengan mendukung dan menunjang fasilitas, sarana dan prasarana belajar mengajar.

Dengan kontribusi berkelanjutan dari YPA-MDR diharapkan Wilayah Kupang dan wilayah baru berikutnya diterapkan program akselerasi yg memungkinkan bisa mencapai sekolah mandiri dan unggul pada tahun ke 5.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]