× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Mengganti Plastik Sekali Pakai dan Barang Plastik di Dapur

By Redaksi
Kontainer dari Tempered Glass. Foto : inhabitat

MajalahCSR.id – Ilmuwan memperkirakan pada 250 mendatang, isi lautan lebih didominasi sampah plastik dibandingkan makhluk laut. Saat sejumlah negara mulai menerapkan aturan pengurangan plastik sekali pakai di pasar, restoran,  jaringan retail, kita sebagai konsumen pun bisa turut melakukannya dari rumah sendiri.

Dikutip dari inhabitat, dapur adalah salah satu tempat paling banyak menyisakan sampah, apakah sampah makanan, ataupun tumpukan plastik bekas sekali pakai. Mengganti barang-barang di dapur dengan yang bisa dipakai berulang dan ramah lingkungan menjadi cara terbaik untuk praktik pola hidup “sustainable”.

Tisu Gulung

Salah satu cara yang cukup mudah adalah mengganti tisu gulung yang ada di dapur. Di beberapa rumah, tisu gulung biasanya ditempatkan di sebelah wastafel cuci tangan. Daripada melap tangan basah pakai tisu usai cuci, lebih baik menggunakan kain lap microfiber. Tak perlu lagi membeli, cukup dicuci dan dipakai kembali.

Tukar Pembungkus Plastik

Pembungkus plastik biasanya digunakan untuk menjaga kesegaran makanan dan membungkus makanan yang akan kembali dikonsumsi. Sekarang ada kantung dari lilin lebah yang bisa kembali digunakan. Fungsinya sama dengan bungkus plastik sekali pakai. Di Indonesia ada yang bermerk Boenkus, dengan ragam motif lucu dan aman sebagai pembungkus makanan. Meskipun harganya cukup mahal, namun bisa dipakai berkali-kali dan mendukung pola hidup diet plastik.   

Parchment Paper dan Aluminium Foil

Bagi yang suka memanggang kue, tentu tak asing dengan parchment paper. Biasanya dipilih karena membuat adonan kue tak lengket dan tahan panas. Sama halnya dengan parchment paper, aluminium foil pun dipakai untuk memanggang masakan atau menu olahan lainnya. Ketimbang parchment paper atau aluminium foil, penggunaan silicone mat lebih ramah. Hal ini karena silicone mat dapat dipakai berkali-kali, bahkan tahunan, karena bisa dibersihkan usai pemakaian.  

Plastik Kue

Plastik kue atau sandwich dipakai karena mudah digunakan, terutama untuk dibawa berpergian. Namun, dengan cukup sedikit usaha, kita bisa melindungi lingkungan dengan membawa kantong silikon. Sifatnya yang kuat dan tahan lama, sehingga tak lagi acapkali mengganti dengan baru, penggunaan kantong silikon menjaga lingkungan sekitar dari limbah plastik sekali pakai. Bahkan kebiasaan memakai kantong ini bisa menjadi ajang pembelajaran dan mendidik anak-anak untuk peduli lingkungan. Persiapkan bekal makanan anak dengan memasukkannya ke dalam kantong silikon.

Mengganti Kotak Plastik

Jika terbiasa memakai kotak plastik untuk menyimpan barang termasuk makanan, kini bisa menggantinya dari bahan “tempered glass”. Kalau anda tidak tahu, tempered glass biasanya digunakan untuk kaca pelindung layar ponsel. Namun, kini banyak yang menjual kotak makanan atau barang yang terbuat dari tempered glass. Selain aman, ringan, tak beracun, dan kuat, jenis bahan ini juga tak menimbulkan persoalan bagi lingkungan. Bahkan kini banyak kotak makanan berbahan ini yang tahan panas, sehingga aman untuk dimasukkan ke dalam microwave, dan alat pencuci piring.   

Beralih Menggunakan Spons Ramah Lingkungan

Kebanyakan spons di dapur terbuat dari polyester atau nylon. Hal ini bisa menimbulkan masalah lingkungan, apalagi pemakaiannya tiap hari. Ada sejumlah alternatif cara untuk mengganti kea pons yang lebih “hijau”. Bisa dengan cara mengganti spons polyster atau nylon anda dengan spons dari silikon, atau dari bahan tanaman alami yang sudah banyak dijual di pasaran. Ada juga spons yang terbuat dari katun yang bisa dicuci, atau spons yang berbahan logam sebagai pengganti yang lebih aman.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]