× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Mengenal Lebih Dekat Program Sahabat Pertamina

By Redaksi

Pertamina berkomitmen tinggi terhadap program tanggung jawab sosial di wilayah operasinya. Salah satunya yang dilakoni PT Pertamina EP. Sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang juga merupakan Kontraktor Kontrak Kerjasama di bawah naungan SKKMigas, menerapkan Program Sahabat Pertamina di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban Provinsi Jawa Timur.

Program Sahabat Pertamina yang diinisiasi oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field ini, merupakan Program Layanan Kesehatan Berbasis Masyarakat  dengan melibatkan masyarakat di sekitar wilayah operasi. Program kesehatan ini melayani 3 desa Ring 1 Sukowati yakni Desa Campurejo, Ngampel, dan Sambiroto, meliputi beberapa Kegiatan Layanan Kesehatan (KLK).  KLK ini berupa Pemeriksaan dan Pengobatan Masyarakat, Keluarga Binaan, dan Mobil Layanan Kesehatan.

Selain itu, ada sejumlah kegiatan tambahan, mulai dari pengadaan Mobil Layanan Kesehatan untuk transportasi warga desa ke fasilitas kesehatan, membantu program posyandu balita maupun lansia di desa, dan membantu tenaga medis dalam pemberian imunisasi ori difteri anak-anak balita sampai remaja.

Program Pemeriksaan dan Pengobatan Masyarakat diikuti 800 warga, sementara  kunjungan dan pendidikan kesehatan (Keluarga Binaan) melibatkan 90 keluarga.  Dengan adanya program peningkatan kesehatan lewat Pertamina EP, warga setempat mengaku dapat merasakan manfaatnya.

“Kami sangat bersyukur kehadiran Program Sahabat Pertamina memberikan manfaat dan nilai positif di Masyarakat,” terang Agus Amperianto, GM Pertamina EP Asset 4. Agus juga mengharapkan do’a dan dukungan dari masyarakat sekitar agar kinerja Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field kian meningkat agar produksinya dapat menopang kebutuhan nasional.

Lebih lanjut, Agus menambahkan, Program Sahabat Pertamina di Kabupaten Bojonegoro ini, bakal diperluas ke wilayah Kabupaten Tuban. Selain program Sahabat Pertamina, PT Pertamina EP juga melaksanakan beberapa program unggulan lain. Diantaranya Pemberdayaan Ekonomi Bank Sampah, Program Penanaman Pohon Mangrove bekerjasama dengan Mangrove Center Tuban dan Ronggolawe Pers Solidarity.

Secara terpisah, Kepala Puskesmas Tanjungharjo, dr. Fifin Erliana mengaku sangat mengapresiasi program ini. “Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan kegiatan Sahabat Pertamina. Insya Allah dapat memudahkan akses masyarakat Desa Ngampel dan Sambiroto dalam pelayanan kesehatan,” cetus dr. Fifin.

Hal senada diungkap perwakilan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Icsada, Nurul Jariyatin. Menurutnya Mobil Layanan Kesehatan sangat terasa manfaatnya, karena membantu mengantarkan warga ke fasilitas kesehatan terdekat. “Warga yang mayoritas tidak punya kendaraan pribadi, bisa secepatnya diantar ke pusat kesehatan, apabila jatuh sakit,”ungkap Nurul. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Icsada adalah mitra Pertamina EP dalam pelaksanaan kegiatan kesehatan ini.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]