× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Mendorong Kewirausahaan Kecil di Saat Pandemi

By Redaksi
Pengumuman dan Penyerahan Hadiah Pemenang Pelatihan Kewirausahaan di Tengah Pandemi Covid-19 Secara Daring, Rabu (20/1/2021). Foto : Habitat for Humanity Indonesia

MajalahCSr.id – Kemunculan pandemi COVID-19 yang tiba-tiba menimbulkan bencana di berbagai sektor termasuk ekonomi. Hal ini dipicu anjloknya hukum ekonomi yaitu permintaan dan penawaran secara sekaligus di tengah masyarakat. Yang paling merasakan dampaknya adalah kelompok usaha kecil atau biasa disebut Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) karena pendapatan yang hancur terhadang pandemi. Padahal, sektor ini yang justru merupakan tulang punggung perekonomian negara.

Menyikapi hal ini, Habitat for Humanity Indonesia, lembaga kemanusiaan nirlaba bekerja sama dengan PT Lautan Luas Tbk, dan produsen FiberCreme PT Lautan Natural Krimerindo, menggelar pelatihan kewirausahaan makanan dan minuman untuk para pelaku UMKM yang terdampak pandemi. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan secara daring dan berlangsung mulai 15 September 2020 di tahap pendaftaran hingga 20 Januari 2021 ini sebagai hari penyerahan penghargaan.

Pelatihan diikuti oleh 200 orang peserta hasil seleksi dan merupakan pelaku UMKM. Sementara materi pelatihan mencakup metode memasak dan mengolah makanan plus minuman serta teknik fotografi makanan dari FiberCreme berikut pemasaran makanan dan minuman di jejaring online melalui mitra GrabFood.

Setiap peserta mendapatkan bantuan pembelian bahan baku dan pulsa untuk mendukung kegiatan ini. Pelatihan tersebut diharapkan menjadi modal dan inspirasi bagi peserta agar dapat memproduksi makanan yang enak bisa sehat melalui bahan yang sederhana.

Selain mengikuti pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang diterima melalui ajang kompetisi penjualan. Peserta dengan omset terbanyak dari tanggal 12 Desember 2020 sampai dengan 15 Januari 2021 akan menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp.15.000.000,-, Pemenang kedua sebesar Rp. 10.000.000,- Ketiga sebesar Rp. 7.000.000,- dan tujuh besar pemenang harapan masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp. 1.000.000,-

Acara pengumuman pemenang dan penyerahan sertifikat dilakukan secara daring pada Rabu (20/1/2021) ini yang dimeriahkan demo olahan minuman oleh praktisi kuliner kawakan, William Wongso. Selain itu turut hadir artis Dian Sastro Wardoyo sebagai brand ambassador FiberCreme dan sempat memberikan dukungannya kepada seluruh peserta pelatihan.

Pada kesempatan itu, Hendrik Gunawan, Direktur PT Lautan Natural Krimerindo menyebut, PT LNK di masa pandemi banyak melakukan kegiatan untuk mendukung para pelaku bisnis makanan dan minuman skala kecil terdampak pandemi lewat program FiberCreme Inside. 

“Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini merupakan perwujudan dukungan kami untuk UMKM makanan dan minuman. Melalui salah satu produk kami, FiberCreme, kami berharap bisa memberikan kemudahan dan nilai tambah bagi pelaku usaha makanan dan minuman melalui alternatif produk pengganti santan dan susu yang rendah gula dan tinggi serat,” jelas Hendrik.

Komentar lain disampaikan Ridwan Adipoetra, Head of Goverment Relations and Assets Management PT Lautan Luas Tbk. “PT Lautan Luas Tbk melakukan berbagai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan melalui 4 pilar kegiatan sosial kami yaitu pemberdayaan masyarakat, edukasi, pengembangan mata pencaharian dan lain-lain,” ujarnya.

Terakhir, Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menambahkan, “Habitat sebagai organisasi kemanusiaan yang terus mewujudkan misi memperjuangkan kehidupan yang layak bagi semua orang terus berupaya melakukan berbagai hal untuk membantu keluarga-keluarga di Indonesia berpenghasilan rendah yang membutuhkan. Pelatihan kewirausahaan makanan dan minuman secara online salah satu langkah yang tepat karena makanan dibutuhkan setiap hari dan sangat efektif dengan kondisi masyarakat (yang harus menaati aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat/PPKM) di rumah. Semoga melalui pelatihan ini keluarga yang dibantu terus berinovasi dengan skill baru yang diterima dan berkembang menuju hidup yang semakin baik ke depannya.”

Adapun daftar para pemenang dari ajang pelatihan kewirausahaan selengkapnya, yaitu:

  • Juara Harapan: Wirasti (akun GrabFood: Wian’s Food – Pondok Kopi)
  • Juara Harapan: Idaman (akun GrabFood: Beliin Saja – Cisaranten Kulon)
  • Juara Harapan: Irma Destianti Sofyan (akun GrabFood: Dapur Umima)
  • Juara Harapan: Anastasia Dai (akun GrabFood: Cemara Cathering – Jatirangga)
  • Juara Harapan: Mercy Sebayang (akun GrabFood: Ngayam By Machi Kitchen 19)
  • Juara Harapan: Retno Asmiah Roro Ireng (akun GrabFood: Dapur Pinarak
  • Juara Harapan: Rolanti Sagala (akun GrabFood: Dapur Davka)
  • Juara Harapan: Eska Kristie Anggrainy (akun GrabFood: Sapilemu) Omset: Rp 4.394.000
  • Juara 3 : Ari Kartikasari (akun GrabFood: Boutique A – Gandul) Omset: Rp 6.641.000 –
  • Juara 2 : Ari Kartikasari (akun GrabFood: Boutique A – Gandul) Omset: Rp 6.641.000 –
  • Juara 1 : Rahma Wati (akun GrabFood: Nyow Dessert – Ciomas Rahayu) Omset: Rp 19.319.000.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]