× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Memang Ada 6 Agama Di Negeri Bhineka Tunggal Ika

By Redaksi
Dok. Mujahidinwaru.blogspot.com

Bukan Penistaan Agama

 Meiliana tidak menistakan agama. Hal ini menjadi kritisi Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-Undangan Robikin Emhas mengkritisi keputusan Pengadilan Negeri Medan

“Saya tidak melihat ungkapan suara adzan terlalu keras sebagai ekspresi kebencian atau sikap permusuhan terhadap golongan atau agama tertentu,” kata Robikin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/8) seperti yang dikutip dari Tempo.co.

Robikin mengatakan sebagai muslim pendapat seperti itu sewajarnya ditempatkan sebagai kritik konstruktif dalam kehidupan masyarakat yang plural. Bahkan Robikin mengharapkan penegak hukum tidak serta merta menjadikan delik penistaan agama sebagai alat untuk membungkam hak berpendapat.

“Lahirnya pasal penodaan agama ini adalah untuk menjaga harmoni sosial yang disebabkan adanya perbedaan golongan dan perbedaan keyakinan yang dianut,” kata Robikin.

Mengungkapkan keberatan karena suara adzan terlalu keras, lanjut Robikin yang juga seorang Advokat Konstitusi, tidak termasuk sebagai ekspresi kebencian terhadap golongan atau agama tertentu. Baginya pendapat Meiliana adalah hal yang sangat lumrah, dan harusnya ditempatkan sebagai sebuah kritik yang membangun.

Dok. Katadata

Bahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini mengatakan, sudah berulang kali pihaknya mengimbau masjid-masjid tidak memasang pengeras suara keras-keras. Seperti yang dikutip dari Liputan6.com, juga tidak terlalu lama.

Menurutnya apabila ada masyarakat yang meminta begitu itu tidak seharusnya dipidana. Seperti yang dikutip dari Liputan6.com, JK menjelaskan bahwa tidak boleh memakai tape, tetapi harus mengaji langsung.

 

Keywords: , ,

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]