× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Melestarikan Hummingbirds Lewat Kebun Bunga di Kota Meksiko

By Redaksi
Hummingbird Terbang di Kebun Bunga di Kota Meksiko, 21 Februari 2020. Foto : REUTERS/Carlos Jasso

Pembangunan di kota-kota besar kadang tak menghiraukan kawasan hijau. Padahal lewat keberadaannya, selain tingkat polusi yang bisa diredam, sisi keindahan kota pun bisa terekspos.

Berbeda dengan Ibukota Meksiko, Mexico City. Di sana lembaga yang didukung pemerintah setempat membangun taman-taman atau kebun bunga kota yang indah dan rindang. Selain untuk mempercantik kota, keberadaan taman di sana dimaksudkan untuk mengundang burung hummingbirds datang dan berkembang biak. Gencarnya pembangunan gedung saat sebelumnya, membuat habitat alami burung kecil ini turut terganggu.

Kantor berita Reuters mengabarkan, Mexico City adalah rumah bagi 58 spesies yang beragam. Namun 13 spesies endemik di kota tersebut terancam kepunahan karena pembangunan gedung dan juga perubahan iklim yang terjadi. Salah satu hewan endemik tersebut adalah burung hummingbirds.

Burung Hummingbird Jenis Broad billed. Foto : Daniel Towell

“Saat kota membangun, kami turut memindahkan hutan, mengalokasikan tumbuhan yang dibutuhkan hummingbirds untuk mencari makan dan bereproduksi,”kata Claudia Rodriguez, ahli biologi yang tergabung dalam proyek “Urban Gardens”. Proyek ini sukses menghasilkan 149 kebun kota di seputaran Mexico City.

“Jika burung hummingbirds hilang, keragaman tanaman pun turut menyusut. Bila dibiarkan berlarut, bakal berujung pada sistem ekosistem yang rusak,” cetus Claudia. Perempuan ini menegaskan pentingnya keberadaan spesies burung penyerbuk tanaman di Amerika.

Melalui manfaatnya sebagai penyerbuk, hummingbirds membantu melestarikan ribuan spesies tanaman. Bahkan di antara tanaman tersebut ada jenis yang merupakan komoditas ekspor asal Meksiko ke Kanada sampai Jepang. Burung hummingbirds, tambah Claudia, merupakan burung kecil yang metabolismenya cepat sehingga setiap saat butuh asupan makanan.

Rekan Claudia, Maria del Coro Arizmendi memulai proyek kebun kota pada 2014. Maria menanaminya dengan bunga myrtle dan lantanas yang cantik di sekitar kampus universitas nasional di Mexico City.  Dua tanaman bunga inilah yang sangat disukai oleh hummingbirds.

Claudia menyebut, burung hummingbirds yang datang belakangan ini kebanyakan dari spesies broad-billed dan beryl. Kedatangan hummingbirds yang menyuburkan tanaman, akhirnya menarik hewan penyerbuk lain, lebah, kupu-kupu, dan kumbang untuk berdatangan.

Apa kabarnya dengan taman-taman kota di Indonesia?

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]