× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Melalui #PeduliBersama SCG Donasikan Bilik SWAB Pertama di Sukabumi

By Redaksi
Penyerahan Bilik SWAB Test Covid-19 dari PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi (SCG) kepada RSUD Sekarwangi Sukabumi (19/5/2020). Foto : Istimewa

MajalahCSR.id – SCG kembali mendonasikan sebuah screening chamber atau Bilik SWAB Tes Covid-19. Sebelumnya pada 6 dan 11 Mei 2020 SCG menyerahkan bantuan bilik yang sama di RS St. Caroulus dan RSAU dr.Esnawan Antariksa di Jakarta.

Selasa (19/5/2020) lalu, SCG kembali mendonasikan bilik SWAB. Kali ini bantuan diserahkan kepada RSUD Sekarwangi Sukabumi melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi. Sumbangan bilik tersebut merupakan yang pertama yang diterima Kabupaten Sukabumi. Bilik SWAB ini bertujuan meminimalisasi kontak langsung antara tenaga medis dan pasien, agar tenaga medis terhindar penularan Covid-19 dari pasien. 

Data pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sukabumi masih terus bertambah dan saat ini tercatat sudah 20 orang dinyatakan positif. Jumlah ini belum termasuk ODP di Kabupaten Sukabumi yang disebut masih tinggi. Berdasarkan data Pikobar Jabar pada 18 Mei 2020, sebanyak 4.300 ODP dan 186 PDP  merupakan warga Kabupaten Sukabumi. Ini pula yang mendorong SCG untuk menciptakan solusi inovatif Bilik SWAB.

“Di Indonesia, kasus Covid-19 terus meningkat. Hal ini membuat kita harus selalu waspada dalam menghadapi pandemi. Seluruh pihak harus saling mendukung satu sama lain sehingga dapat menekan laju penyebaran Covid-19. Kami sangat mengapresiasi pada kepedulian SCG yang selalu mendukung pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19 dan peduli pada tenaga medis,” sambut Iyos Somantri, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi.

Somchai Dumrongsil, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi menyatakan, pihaknya ingin membantu dan mendukung Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam menghadapi pandemi melalui pengembangan produk inovatif Bilik SWAB pertama di Sukabumi.

“Kami percaya bahwa dengan #PeduliBersama, kita dapat bersama-sama menekan laju peningkatan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi,” ujar cetus Somchai.

Adapun pembuatan Unit Bilik SWAB SCG ini memiliki beberapa keunggulan :

  • Memiliki desain prefabricated yang membuat Bilik Swab SCG mudah untuk dimobilisasikan, dibersihkan, dan tidak membutuhkan waktu lama dalam proses produksi.
  • Memiliki struktur unit yang kokoh karena  menggunakan struktur yang biasa digunakan untuk membangun rumah yaitu hollow steel structure.
  • Dilengkapi dengan exhaust fan sehingga memiliki sirkulasi udara yang baik,
  • Pembuatan Unit Bilik SWAB SCG ini menggunakan bahan acrylic sehingga dapat memastikan penyerapan yang lebih baik serta terhindar dari tingginya resiko pecah.

Donasi Bilik SWAB Test ini merupakan salah satu upaya SCG dalam mengimplementasikan kampanye #PeduliBersama penanganan pandemi Covid-19. Sebelumnya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Jawa telah memberikan donasi total Rp 165 juta berupa penyediaan APD, disinfektan, masker dan sabun cuci tangan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]