× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Masyarakat Terima Bantuan Fasilitas Air Bersih dari PT. PGE Hululais

By Redaksi

Senangnya masyarakat di Kelurahan Tes dan Taba Anyar, Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, saat menerima bantuan fasilitas air bersih dari PT. PGE Hululais, Senin (14/1/2019).

Betapa tidak, perjuangan mendapatkan air bersih dan akhirnya membuahkan hasil. Hal tersebut disampaikan Sajidin, Ketua Kelompok Peduli Air Bersih disela-sela acara peresmian.

Sajidin, mengatakan, air yang bersumber dari mata air  Tik Jlebeng tersebut sangat bersih dan cukup besar, sedangkan masyarakat masih banyak kesulitan air bersih. Sehingga, masyarakat dengan jumlah kurang lebih 100 KK mempunyai ide, inisiatif dan sepakat membentuk kelompok untuk memanfaatkan air tersebut agar bisa dialiri ke rumah-rumah warga.

Ide saja tidak cukup karena untuk mewujudkan itu diperlukan dana tidaklah sedikit, sehingga langkah berikutnya warga membuat proposal dengan harapan ada pihak yang dapat membantu penyediaan material/bahan untuk pembangunan fasilitas air bersih tersebut.

Sejak 2015, warga setempat mengajukan proposal ke pemerintah daerah melalui dinas terkait. Bahkan disampaikan di setiap acara musrenbang tingkat kelurahan maupun kecamatan. Namun harapan warga belum terwujud karena keterbatasan anggaran pemda dan untuk alokasi  prioritas pembangunan yang lebih mendesak.

Akhirnya penantian panjang berakhir setelah upaya pengajuan proposal ke PT. PGE Hululais di penghujung 2017. Perusahaan BUMN tersebut merespon baik usulan warga dengan memberi bantuan berupa material untuk pembuatan fasilitas air bersih pada 2018. Warga pun membangun fasilitas air bersih secara gotong-royong.

“Alhamdulillah, ini adalah rahmat bagi kami. Apa yang kami perjuangkan selama ini dapat diwujudkan oleh PT. PGE Hululais dengan mengabulkan seluruh permohonan dalam proposal yang kami ajukan yaitu berupa pipa 3 inci sepanjang 4500 Meter dan bak penampung sebanyak 5 buah,” ucapnya.

Ditambahkannya, tidak hanya yang tertera di proposal permohonan,  PT. PGE Hululais bahkan memberi bantuan material tambahan berupa pipa 1 inchi sebanyak 200 batang, dan pipa 10 inchi sebanyak 5 batang. Atas kepedulian PT. PGE Hululais ini warga menyampaikan rasa terima kasihnya.  Semoga kepedulian yang dilakukan PT. PGE Hululais bisa menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Lebong.**

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]