× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Makan Dulu Atau Olahraga Dulu?

By Redaksi

Jakarta ā€“ Majalahcsr. Ada yang memilih tidak makan sebelum latihan fisik, ada yang menjadikan sarapan sehat sebagai kewajiban sebelum olahraga pagi. Mereka yang tidak makan umumnya beralasan agar terhindar dari kram perut, sedangkan mereka yang makan berpendapat bahwa tubuh memerlukan energi agar latihan fisik dapat berjalan maksimal.

Keduanya sama-sama masuk akal. Namun apa kata para ahli?

Riset dari University of Bath di Inggris yang dipublikasikan oleh American Journal of Physiology – Endrocrinology and Metabolism yang dilansir Frisian Flag dalam websitenya, mempelajari sekelompok relawan pria dengan kelebihan berat badan yang berolahraga jalan kaki selama 60 menit. Di tahap pertama mereka berjalan dalam keadaan perut kosong, kemudian mereka berjalan 2 jam setelah sarapan berkarbohidrat tinggi.

Hasilnya, lemak tubuh mereka yang melewatkan sarapan terbakar lebih efektif. Ini dibuktikan melalui pengambilan sampel darah dan jaringan adiposa (jaringan lemak).

Namun menurutĀ personal trainerĀ profesional asal Amerika Jillian Michaels, olahraga dengan perut kosong justru dapat merugikan tubuh. Menurutnya makan sebelum olahraga sebaiknya dilakukan karena tubuh membutuhkan ā€œbahan bakarā€ agar bertenaga selama olahraga.

Tanpa asupan makanan, kadar gula darah otomatis menurun. Ketika ini terjadi, tubuh mengubah jaringan otot menjadi energi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan Strength and Conditioning Journal dan dilansir di laman pribadi Jillian menyatakan bahwa mereka yang berolahraga dengan perut kosong kehilangan 10% kalori yang diambil dari simpanan protein, termasuk dari massa otot.

Lalu bagaimana sebaiknya?

Makan atau tidak sebelum olahraga, tergantung tujuan Anda berolahraga. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya Anda olahraga dengan perut kosong agar lemak tubuh terbakar lebih efektif. Namun jika Anda ingin membentuk otot, maka sebaiknya Anda sarapan sehat terlebih dulu agar massa otot Anda bisa diubah menjadi energi.

 

Keywords: , , ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]