× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Mahasiswa Fakultas Teknik UNM  Terapkan Inovasi  Sumur Resapan di Jeneponto

By Redaksi
Dok. Istimewa

Jeneponto – Majalahcsr. Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil membuat inovasi baru melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada jumát (7/7). Inovasi ini yaitu dengan membuat sumur resapan di Kecamatan Bangkala  Kabupaten Jeneponto. Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Ayu Purnam sebagai  ketua kelompok, Abdul Wahid Muhsin dan Fahmi Nur Muhammad sebagai anggota.

Ayu Purnama selaku ketua kelompok mengatakan, masyarakat di Kecamatan Bangkala masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih.  Butuh perjalanan  yang cukup jauh untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, mahasiswa FT ini membuat inovasi  sumur resapan untuk mengatasi masalah tersebut.

Dok. Istimewa

“Masyarakat Bangkala masih sulit mendapatkan air bersih yang layak karena air tanah di daerahnya masih mengandung kadar garam yang tinggi. Sehingga mereka mengambil air bersih ditempat yang cukup jauh,” katanya saat memaparkan inovasi PKM mereka yang lulus didanai oleh Dikti.

Sumur resapan ini menurutnya bertujuan untuk menampung air bersih di daerah tersebut sehingga masyarakat bisa mendapatkan air bersih dengan mudah. Masyarakat pada umumnya mendapatkan air dengan cara diangkut dari tempat yang cukup jauh. Namunl cara ini dianggap  lebih efektif  yaitu menampung air hujan menggunakan sumur resapan.

Dok. Istimewa

Mahasiswa angkatan 2015 ini berharap masyarakat bisa melihat langsung serta menerapkan sumur resapan ini di rumah mereka masing-masing. Sehingga kehidupan mereka lebih sejahtera dengan adanya sumber air berrsih.

“Masyarakat Bangkala menerapkan sumur resapan di rumah mereka masing-masing agar tidak ada lagi yang kesulitan air bersih untuk keperluan sehari-hari,” harapnya.

Dok. Istimewa

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]