banner
Dok. Depositphotos
Berita

London berantas Sampah Plastik Dengan Jaringan Botol Isi Ulang dan Air Mancur

1431 views

London – Majalahcsr. London sedang berusaha menggantikan sampah plastik dengan menawarkan alternatif botol air plastik. Alih-alih membeli wadah lain yang bisa berakhir di tempat pembuangan akhir atau laut, orang-orang di kota bisa mendapatkan air mancur untuk minum atau mengisi ulang botol bekas pakai di bawah skema baru.

Menurut laporan Guardian, London bertujuan untuk memasang 20 air mancur baru dan meluncurkan inisiatif botol isi ulang.

Guardian mengatakan walikota Sadiq Khan berharap dapat mengatasi masalah plastik tersebut dengan sebuah inisiatif tiga tahun senilai £ 750.000 (sekitar $ 1.048.395) yang dijadwalkan sebelum komite anggaran pada Majelis London akhir pekan ini. Air mancur untuk minum dan usaha isi ulang adalah bagian dari inisiatif, seperti sebuah langkah untuk berhenti menawarkan peralatan plastik, gelas, dan botol di Balaikota.

20 air mancur yang bisa diminum akan dimulai pada awal musim panas ini, lokasi belum dikonfirmasi, namun wakil walikota untuk lingkungan Shirely Rodrigues mengatakan kepada The Guardian bahwa lokasi potensial mencakup area perbelanjaan yang ramai seperti Oxford Street atau Transport for London’s tube stations. Saat ini juga sedang dipertimbangkan untuk membuat lebih banyak air mancur yang bisa diminum.

Guardian baru-baru ini menerbitkan sebuah penyelidikan yang mengungkapkan bahwa di beberapa daerah kota, seperti Barnet dan Sutton, tidak ada sama sekali sarana penyediaan air mancur yang dapat diminum.

Dok. Depositphotos

Di bawah inisiatif isi ulang botol, yang dijadwalkan dimulai di lima wilayah (belum diumumkan) pada bulan Februari dan Maret, akan terjadi bisnis dalam membuat air keran yang tersedia untuk umum. Mereka akan dapat menemukan tempat yang menyediakan air keran gratis melalui tanda jendela atau sebuah aplikasi. Jika usaha itu berhasil, maka bisa diluncurkan di sisa London musim panas ini.

Salah satu gerakan yang bekerja dengan walikota adalah kampanye Zoological Society of London-led #OneLess. Mereka akan memasok air mancur dan akan meneliti apakah gerakan ini bisa mengurangi jumlah plastik yang ada di lingkungan.

Menurut #OneLess, London adalah salah satu pengguna air kemasan tertinggi di Inggris. Orang dewasa London rata-rata membeli 3,37 botol air plastik setiap minggu atau 175 setiap tahun per orang, dan lebih dari satu miliar per tahun di tingkat kota. Sayangnya, banyak di antaranya berakhir di Sungai Thames dan mengalir ke laut.

banner