× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Lion Parcel Jalin Kerja Sama dengan ALVAboard untuk Kemasan Berkelanjutan

By Redaksi
Lion Parcel dan ALVABoard jalin kerja sama untuk kemasan pengiriman barang yang lebih berkelanjutan. Foto : Istimewa

MajalahCSR.id – Pengelolaan sampah merupakan suatu isu yang terus menjadi perhatian masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebanyak 265 kabupaten/kota di Indonesia memiliki timbulan 32.737.776,50 ton sampah pada 2020, di mana 40,62% dari total sampah tersebut tidak terkelola. Sisa makanan masih menjadi jenis sampah terbanyak dengan mendominasi 40.6% dari total timbulan sampah, diikuti oleh plastik di 17%, kayu, ranting, daun di 13,9%, dan kertas/karton di 11,9%.

Terkait fakta ini, Lion Parcel berinisiasi membantu pemerintah untuk mengurangi sampah melalui strategi bisnis yang sejalan dengan upaya-upaya keseharian untuk meminimalisasi produksi sampah. Salah satu caranya adalah pengurangan penggunaan kemasan sekali pakai sebagai alternatif material yang lebih ramah lingkungan.

PT Lion Express (Lion Parcel) mulai memperkenalkan cara ini dengan penggunaan kardus plastik ramah lingkungan untuk pengemasan dalam proses pengiriman paket. Inisiatif ini pun menjadi awal dari komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan praktik bisnis berkelanjutan.

Bekerja sama dengan PT Alpha Gemilang Makmur (ALVAboard), penggunaan kardus plastik ramah lingkungan ini dapat menjadi opsi pengganti kardus karton dan diyakini dapat mengurangi sampah kemasan. Hal ini karena sifat kardus plastik yang tahan air dan tidak dapat sobek, sehingga masa penggunaannya menjadi lebih lama dan bisa digunakan lebih dari 100 kali.

Selain itu, paket yang dikirimkan pelanggan juga menjadi lebih aman tanpa perlu khawatir kardus akan rusak selama proses pengiriman. Para pelanggan juga dapat memaksimalkan penggunaan kardus plastik ramah lingkungan ini untuk mengirimkan paket kembali, menyimpan barang-barang di rumah, atau mengirimkannya ke tempat daur ulang.

“Bagi Lion Parcel, penerapan penggunaan kardus plastik ramah lingkungan secara langsung pada layanan kami merupakan cara paling efektif untuk mengedukasi masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat lebih mudah mengerti dan bisa berkontribusi pada keberlangsungan lingkungan yang lebih baik,” ungkap Kenny Kwanto, Chief Marketing Officer Lion Parcel.

Kenny pun mengapresiasi ALVAboard yang telah menjadi mitra terpercaya dalam mendukung Lion Parcel. Inisiatif ini, tegas Kenny, merupakan langkah awal perusahaannya, untuk terus berinovasi guna menerapkan praktik yang lebih keberlanjutan, baik dari sisi bisnis maupun lingkungan.

Alden Lukman, CEO PT Alpha Gemilang Makmur pun menyambut baik kerja sama ini. “Kami percaya bahwa penggunaan kardus plastik ramah lingkungan dalam layanan logistik Lion Parcel dapat menjadi awal mula yang baik dalam usaha kami memperkenalkan praktik pengemasan yang lebih ramah lingkungan karena dapat digunakan berkali-kali dan bisa didaur ulang.”

Selain tahan air dan tidak dapat sobek, kardus plastik ini memberikan kelebihan ekstra pada saat pandemi karena sifatnya yang tahan terhadap panas dan cairan kimia. Jadi, para pelanggan dapat langsung menyemprotkan disinfektan atau bahkan mencuci paket yang mereka terima agar lebih higienis tanpa perlu khawatir akan merusak bahan.

Selama masa perkenalan dan edukasi, para pelanggan bisa turut berkontribusi dalam mengurangi sampah kardus karton bersama Lion Parcel dan ALVAboard dengan memilih opsi pengemasan tambahan menggunakan kardus plastik ramah lingkungan ini secara gratis di agen-agen Lion Parcel terdekat. Ke depannya, Lion Parcel akan terus mencari peluang dalam menerapkan inisiatif-inisiatif yang lebih berkelanjutan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]