× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Lima tips untuk Berhenti Merokok

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Epidemi tembakau adalah salah satu ancaman kesehatan masyarakat terbesar yang pernah dihadapi dunia, menewaskan lebih dari 7 juta orang per tahun. Ada sekitar satu miliar perokok di dunia, sekitar sepertujuh dari populasi global, menurut World Health Organization (WHO).

Tembakau merongrong Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan produk mematikan, praktik bisnis yang buruk, praktik lingkungan yang merusak dan standar ketenagakerjaan yang buruk. Setiap tahun World No Tobacco Day diadakan pada tanggal 31 Mei. Tema tahun ini akan fokus pada dampak tembakau terhadap kesehatan kardiovaskular orang-orang di seluruh dunia.

Beberapa fakta menarik tentang tembakau seperti yang dilansir oleh ResponsibleBusiness.com adalah :

  • Tembakau membunuh hingga setengah dari penggunanya.
  • Tembakau menyebabkan hampir 3 juta kematian akibat penyakit kardiovaskular setiap tahun
  • Sekitar 80% perokok dunia tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah
  • Dalam 20 menit berhenti merokok, detak jantung dan tekanan darah Anda turun.
  • 890.000 kematian di seluruh dunia adalah hasil dari bukan perokok yang terpapar asap rokok bekas

Namun ada beberapa kiat untuk membantu Anda berhenti merokok hari ini:

  1. Tetapkan tujuan Anda

Tetapkan tujuan berhenti sebentar dan hadiahi diri sendiri saat Anda bertemu dengannya. Menjadi bebas asap rokok akan mengembalikan banyak uang tunai ke dalam saku Anda. Tempatkan uang yang biasanya Anda habiskan untuk rokok di toples. Anda akan terkejut melihat berapa banyak yang Anda hemat dengan menghilangkan kebiasaan itu. Belakangan, belanjakan uang itu untuk sesuatu yang Anda sukai.

  1. Menghindari pemicu merokok

Pemicu adalah orang-orang, tempat, hal-hal, dan situasi yang memicu dorongan Anda dan membuat Anda ingin merokok. Setiap orang memiliki pemicu yang berbeda, seperti situasi yang menekan, menghirup kopi, pergi ke pesta, atau mencium asap rokok. Pada hari Anda berhenti, cobalah untuk menghindari semua keinginan Anda:

  • Buang rokok, korek api, dan baki abu jika Anda belum melakukannya.
  • Hindari kafein, yang bisa membuat Anda merasa gelisah. Cobalah minum air sebagai gantinya.
  • Habiskan waktumu dengan bukan perokok.
  1. Jagalah dirimu sendiri

Tidur nyenyak, makanan seimbang, dan tetap terhidrasi prioritas utama Anda akan membuat gejala penarikan lebih tertahankan. Menjadi lelah membuat Anda kehilangan fokus dan lebih cenderung menyerah pada godaan.

  1. Kunyahlah

Mengunyah adalah salah satu strategi terbaik untuk membuat Anda ngidam. Jika mulut Anda sibuk, tidak akan terasa kuat bahwa itu membutuhkan rokok di dalamnya. Buah-buahan adalah beberapa makanan terbaik untuk dikonsumsi ketika Anda berhenti merokok. Anggur berfungsi sebagai antioksidan alami dan mengurangi kadar racun dalam tubuh Anda, menurunkan jumlah nikotin.

  1. Buat diri Anda sibuk

Pikirkan tentang menemukan diri Anda hobi baru dan menarik seperti melukis, tembikar atau menulis kreatif untuk mengalihkan pikiran dari merokok. Memasak adalah contoh yang bagus dari hobi yang menggunakan indra penciuman dan rasa baru Anda yang ditingkatkan. Olahraga juga dapat memberikan pelepasan dopamin yang dapat menggantikan yang biasa Anda dapatkan dari rokok.

Keywords: , , ,

“Yang minum obat setiap hari itu tidak hanya kamu. Yang sakit diabetes juga minum obat. Yang hipertensi juga rajin minum obat.” Itulah kata-kata yang Tice sampaikan kepada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ia dampingi agar mau rajin terapi dan minum obat. Tice adalah seorang ibu rumah tangga yang berkomitmen menjadi pendamping ODGJ, bukan perawat […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]