× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Lestarikan Budaya, Pertamina dan Rumah Zakat Berdayakan Ekonomi Usaha Kain Ulos

By Redaksi

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I bersama Rumah Zakat meluncurkan Program Pemberdayaan Ekonomi Usaha Kain Ulos di Lapangan Huta III Desa Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat Desa Karang Bangun diperkenalkan dengan program pemberdayaan ekonomi usaha kain ulos.

Tujuan dibuatnya program ini adalah agar masyarakat setempat dapat mandiri secara ekonomi dengan menjadikan ulos sebagai salah satu sumber perekonomian mereka. Acara ini dihadiri OH Terminal BBM Pematangsiantar, Andrie Buana, Branch Manager Rumah Zakat, Mhd. Yunus Azis, Kepala Desa Karang Bangun, Suparman,  serta beberapa tokoh setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Karang Bangun, Suparman, merasa bangga dengan diadakannya program ini karena menjadikan masyarakat di Kabupaten Simalungun khususnya Desa Karang Bangun. “Kami menyambut dengan tangan terbuka dan berterima kasih terhadap program yang dibuat oleh Pertamina dan Rumah Zakat untuk masyarakat Desa Karang Bangun yang membuat masyarakat setempat menjadi lebih kreatif dan produktif,” tutur Suparman.

Hal yang sama diungkapkan Branch Manager Rumah Zakat, Yunus Azis. “Kami dari Rumah Zakat berterima kasih kepada Pertamina MOR I karena diberi kepercayaan untuk membimbing masyarakat Kabupaten Simalungun khususnya Desa Karang Bangun untuk dapat memanfaatkan ulos sehingga menjadi salah satu sumber pendapatan mereka.”

Yunus Azis juga menambahkan bahwa Rumah Zakat juga siap untuk mengadakan pelatihan-pelatihan untuk masyarakat di Desa Karang Bangun agar dapat mengembangkan potensi yang mereka punya dalam mengelola ulos.

Sementara itu OH Terminal BBM Pematangsiantar, Adrie Buana, mengungkapkan sudah menjadi tugas Pertamina untuk mengabdi kepada masyarakat. Salah satu bentuknya adalah menjalin kerja sama dengan Rumah Zakat. “Kami merasa senang dapat membuat Pogram Pemberdayaan Ekonomi Usaha Kain Ulos untuk masyarakat Desa Karang Bangun, Kabupaten Simalungun. Pertamina melihat usaha kain ulos ini dapat dikembangkan menjadi suatu usaha bisnis sehingga masyarakat Desa Karang Bangun dapat mengembangkan potensi mereka dengan menjadikan Ulos sebagai bidang usaha ekonomi,” ucap Adrie.

Dalam peluncuran Program Pemberdayaan Ekonomi Usaha Kain Ulos tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan CSR oleh PT Pertamina MOR I, Terminal BBM Pematangsiantar. Bantuan yang diberikan untuk Desa Karang Bangun, Kabupaten Simalungun berupa dana sebesar Rp 50.000.000. Menurut Adrie, dengan diberikannya bantuan ini, diharapkan dapat mendukung kegiatan di Desa Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]