× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Leonardo DiCaprio Pimpin Gerakan Koalisi Pulihkan Kepulauan Galapagos

By Redaksi
Aktor Leonardo DiCaprio. Foto : Getty Images

MajalahCSR.id – Aktor dan pesohor Leonardo DiCaprio memang dikenal juga sebagai aktivis yang giat menyuarakan kepeduliannya pada isu lingkungan dan hewan liar. Kali ini sang aktor kaliber Oscar memperlihatkan dukungannya pada Kepulauan Galapagos. DiCaprio mewadahi sebuah organisasi bernama Re:wild. Re:wild tergabung dalam koalisi yang terdiri dari 40 organisasi yang mengumpulkan dana hingga $43 juta atau senilai lebih dari 620 miliar (kurs Rp 14.500) untuk merestorasi Kepulauan Galapagos yang terancam rusak. Aksi dukungan ini bertepatan dengan runtuhnya tebing batu yang disebut Darwin’s Arch di kepulauan tersebut pada Senin (17/5/2021) lalu.

Dikutip dari Mongabay via Inhabitat, banyak habitat di Kepulauan Galapagos rusak karena aktivitas manusia. Re:wild, organisasi lingkungan yang dibentuk Global Wildlife dan Leonardo DiCaprio berjuang dengan pegiat organisasi lain untuk memperbaiki kerusakkan yang terjadi agar kondisi Galapagos bisa pulih seperti sediakala.

Koalisi ini memiliki 3 prioritas untuk memulihkan kepulauan tersebut. Yaitu, merestorasi Pulau Floreana, meningkatkan populasi iguana merah jambu yang habitatnya terancam, serta mengonservasi wilayah perairan. Di antara semua pulau yang ada di Galapagos, Pulau Floreana mengalami kerusakkan yang paling parah akibat aktivitas manusia.

Sambil berupaya untuk fokus memperbaiki Pulau Floreana, koalisi ini akan memperluas penanganannya ke pulau lain. Target awal  termasuk menyusun kembali informasi 13 spesies yang sudah punah dan meningkatkan populasi 54 spesies lainnya di pulau yang berada di ambang bahaya. Sementara untuk sepuluh tahun ke depan, proyek yang akan dilakukan adalah merestorasi 2 lusin pulau dan membalikkan habitat 250 spesies yang nyaris hilang.

DiCaprio berharap pengaruh media sosialnya bisa meningkatkan kepedulian pihak lain untuk mendukung proyek tersebut. Dengan total lebih dari 86 juta pengikutnya di Instagram, Twitter, dan Facebook, DiCaprio mengumumkan bahwa kontrol akunnya di medsos kini dilimpahkan pada Paula A. Castaño, seorang dokter hewan dan ahli biologi dari Island Conservation yang memutuskan tinggal di Galapagos.

“Aku sangat bersemangat untuk berbagi tugas dengan tim Castaño dan bersama-sama mendukung perlindungan serta perbaikan kepulauan yang sangat ikonik ini, bahu membahu dengan tim di Re:wild,” kata DiCaprio.  

Sementara itu, Castaño mengungkapkan apresiasinya atas upaya yang dilakukan koalisi, yang menurutnya tak hanya menyelamatkan kepulauan, melainkan juga mengajarkan ilmu (cara restorasi) yang bisa diterapkan di mana saja. Dia juga menekankan pentingnya aksi yang harus disegerakan.  

“Kita berjuang dengan waktu untuk menyelamatkan beragam spesies terutama di atas kepulauan, yang oleh karena jumlahnya yang sedikit, rentan terancam oleh kepunahan,” katanya dalam sebuah pernyataan. Galapagos merupakan kepulauan di Samudera Pasifik yang memiliki sejarah panjang karena habitat endemik mahluk hidupnya serta awal munculnya teori Darwin yang sempat jadi kontroversial itu.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]