× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Lebih dari 500 Mahasiswa Indonesia Ikut Seleksi Beasiswa Pertamina

By Redaksi
Lebih dari 500 Mahasiswa Indonesia Ikut Seleksi

MajalahCSR.id – Beasiswa Pertamina Sobat Bumi kembali hadir pada tahun ini. Beasiswa ini untuk mendorong potensi pelajar Indonesia untuk menjadi pemimpin millenial. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan bagian program PF Prestasi milik Pertamina Foundation yang telah diadakan sejak 2011. Sejak dibukanya pendaftaran berkas secara online pada 18 April hingga 5 Mei 2020, antusiasme mahasiswa pendaftar dari seluruh Indonesia sangat tinggi.

Tercatat sebanyak 6.848 mahasiswa pendaftar dalam seleksi tahap satu. Lebih dari 500 mahasiswa diantaranya telah dinyatakan lolos seleksi berkas dan akan lanjut berproses ke tahapan selanjutnya.

“Kami melihat ada banyak mahasiswa berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik yang memiliki jiwa kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat. Kualitas para pendaftar ternyata juga sangat tinggi. Oleh sebab itu, kami berusaha memilih pendaftar setepat dan seobyektif mungkin agar tujuan beasiswa ini dapat tercapai,” papar Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari, Kamis (9/5/2020) lalu.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi terdiri dari tiga jenis beasiswa. Jumlah mahasiswa yang lolos seleksi tahap satu terdiri 275 mahasiswa Beasiswa Reguler S-1, 222 mahasiswa Beasiswa Afirmasi, dan 49 mahasiswa Beasiswa Vokasi. Seluruh mahasiswa yang lolos seleksi administrasi tersebut akan kembali berjuang pada tahap seleksi wawancara. Proses seleksi wawancara akan dilakukan secara daring sehubungan pandemi COVID-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Proses seleksi wawancara akan dinilai langsung oleh juri yang ahli di bidangnya. Para juri dalam tes wawancara tersebut diantaranya Heru Setiawan selaku Ketua Dewan Pembina Pertamina Foundation, Narendra Widjayanto, Ketua Dewan Pengawas Pertamina Foundation, Syahrial Mukhtar selaku Dewan Pembina Pertamina Foundation, Dian Sastrowardoyo (pekerja seni, penggiat pendidikan dan pemberdayaan perempuan) dan lainnya.

“Melalui Beasiswa Pertamina Sobat Bumi, mahasiswa diharapkan mampu menjadi pemimpin millenial yang dapat berkolaborasi untuk menuntaskan isu-isu sosial kemasyarakatan. Saya mencari energi muda yang memberikan solusi dan pemikiran untuk Indonesia menjadi negara besar yang makmur dan sejahtera,” pungkas Heru Setiawan, Ketua Dewan Pembina Pertamina Foundation yang turut mewawancari calon penerima beasiswa.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]